Cara Memilih Asuransi Mobil Yang Baik

Pada topik kali ini, saya akan membahas mengenai asuransi mobil yang makin berkembang dengan pesat. Banyak perusahan asuransi, dari yang berskala kecil hingga berskala besar yang menawarkan berbagai produk dari asuransitersebut. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis – jenis dari asuransi mobilitu serta mengenai isi polis dari asuransinya sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan asuransi kepercayaan Anda.

Saat ini, polis asuransiuntuk kendaraan kita sudah mempunyai polis standard dan sudah banyak digunakan khusus di Indonesia dan merupakan terbitan lokal, yakni POLIS STANDARD ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR INDONESIA. Polis tersebut dapat berlaku sama pada semua perusahaan asuransi, namun beberapa item klausula mempunyai perbedaan yang mana bisa mereka modifikasi sesuai dengan jenis produk asuransi mobil yang diikutinya.

Pada umumnya, ada 2 jenis polis yang standard yang tidak dimodifikasi, yaitu :

  1. Jaminan ALL RISK /Comprehensif
  2. Jaminan Total Loss/ Kehilangan saja

Sebaiknya Anda mengetahui informasi mengenai dasar jaminan dari asuramsi tersebut, sehingga kita bisa melihat keuntungan tambahan maupun fasilitas yang bisa kita dapatkan.

Langkah – langkah dalam memilih asuransi mobil yang baik adalah

  1. Lihatlah kebutuhan akan asuransi kendaraan Anda dari aspek usia, jenis maupun kegunaan dari kendaraan Anda itu. Ada 2 jenis jaminan dasar dariasuransi mobil tersebut, yaitu All Risk/Comprehensif yang mana akan menjamin dari hampir semua resiko yang ditimbulkan dari kecelakaan yang kecil maupun besar. Namun, pada polis ini terdapat pengecualiannya yakni kehilangan kendaraan karena dibawa lari supir pribadi ataupun pegawai yang bekerja pada pemilik mobil tersebut. Dan yang kedua adalah Total Loss Only, yang menjamin atas kehilangan kendaraan Anda atau juga kerusakan lebih dari 75% dari nilai kendaraan Anda. Adapun jenis polis yang kedua ini sangatlah cocok untuk Anda yang mempunyai kendaraan yang sudah tua namun memiliki mobilitas yang tinggi.
  2. Coba Anda tanyakan tentang bengkel yang bekerjasama dengan asuransi mobil tersebut karena hal ini sangat berguna saat akan melakukan perbaikan pada kendaraan Anda.
  3. Coba Anda cek kembali, apakah ada layanan lainnya pada asuransi khusus mobil tersebut seperti mobil derek, hotline 24 jam dan lain – lain.
  4. Anda dapat membeli asuransi yang mempunyai premi yang wajar. Dan yang perlu Anda perhatikan dalam perhitungan premi pada asuransi tersebut ialah tentang harga untuk kendaraan Anda saat ini, kemudian pastikan jika harga dari kendaaraan tersebut berapa. Hal ini dapat berpengaruh pada besaran premi yang nanti akan Anda bayarkan.

Demikianlah serangkaian pembahasan mengenai asuransi mobil yang dapat saya bagikan kepada Anda. Semoga sukses !

Tags: