Perawatan Mudah Tumit Kaki

Tumit kaki yang halus dan mulus adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Tumit kaki kasar dan pecah-pecah akan mengurangi rasa percaya diri. Penyebab yang menjadikan tumit tidak sehat antara lain:

Image: Tribunnews.com
  • Suhu atau cuaca yang terlalu dingin atau panas
  • Terlalu sering mandi menggunakan air panas atau berenang di kolam klorinasi berat
  • Kelenjar keringat yang aktif
  • Berat badan berlebihan
  • Masalah kulit kronis
  • Tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3

Penyebab utama dari tumit yang pecah-pecah ini adalah kondisi kulit yang kering atau disebut juga xerosis. Hal ini dikarenakan kurangnya perawatan pada kaki. Umumnya xerosis tidak membahayakan, namun retakan bisa menyebabkan kulit berdarah dan rasa yang menyakitkan. Bahkan dapat menyebabkan infeksi, dan harus dihindari terutama pengidap penyakit diabetes.

Berikut ini merupakan cara alami mengatasi tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah.

Air Mawar dan Gliserin

Caranya yaitu rendam kaki dalam campuran gliserin dan air mawar setiap hari. Campuran ini selain bisa membuat tumit halus, juga bisa membuat rileks dan tenang. Bisa juga ditambahkan dengan air lemon dan garam untuk mengubah campuran ini menjadi masker kaki. Rendam selama 20 menit dan gosok dengan lembut menggunakan batu apung.

Paraffin wax dan minyak kelapa

Campuran ini untuk mengobati tumit yang sudah terasa sakit. Caranya campurkan paraffin wax dengan beberapa tetes minyak kelapa. Panaskan campuran sampai lilin meleleh, kemudian dinginkan. Oleskan pada kaki dan biarkan beberapa menit, setelah itu basuh kaki dengan air bersih.

Madu

Madu merupakan pelembab alami antibakteri yang bisa membuat tumit menjadi halus. Caranya tuangkan madu dalam setengah ember air hangat dan rendam kaki selama kurang lebih 20 menit. Kemudian pijat kaki secara lembut dan perlahan. Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya maksimal.

Pisang

Buah berwarna kuning ini sebenarnya lebih enak untuk dimakan. Namun, ternyata buah pisang ini memiliki manfaat lain yaitu menghaluskan tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah. Hebat kan? Untuk caranya hancurkan pisang matang sampai halus. Kemudian oleskan pada tumit kaki. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan setelah itu bilas menggunakan air bersih. Buah pisang ini juga bisa dijadikan masker Ikaki dengan menambahkan buah alpukat dan daging kelapa.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah cairan yang bisa menghaluskan tumit yang kering dan retak. Caranya cukup mudah, siapkan kapas, oleskan minyak zaitun ke tumit yang kering. Kemudian, pijat dengan gerakan melingkar kurang lebih 15 menit. Setelah itu, kenakan kaus kaki selama satu jam, dan bilaslah kaki dengan menggunakan air bersih.

Bagi yang menginginkan tumit kaki halus dan mulus, bisa deh ya tips di atas dicoba. Jangan lupa lakukan secara rutin dan teratur agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

Tags: