Kerusakan Mata Yang Menghantui Manusia

Mata yang merupakan salah satu indra terpenting dalam tubuh manusia mempunyai peranan banyak sekali dalam kehidupan. Orang asia tenggara tercatat sebagai bagian yang warganya mengalami penyakit mata. Sangat disayangkan sekali bila kita tidak bisa merawat mata, sehingga mata bisa rusak hanya gara – gara hal yang sepele. Misalnya kelilipan debu saat perjalanan berkendara bermotor, atau terkena debu yang tersapu angin kemudian di kucek terus menerus. Ini akan menyebabkan iritasi mata, dan bila tidak segera di obati dampak terparahnya bisa menimbulkan kebutaan mata.

Image: Nibroza

Para pekerja kantoran yang jarang keluar ruangan bukan berarti akan terhindar dari kerusakan mata. Terlalu sering melihat layar komputerpun bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Ini disebabkan karena mata terkena radiasi dari layar monitor yang mengandung gelombang beta. Radiasi yang dihasilkan monitor yang biasanya masih memaikai tabung, bukan LCD ini ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada retina. Maka disarankan para pengguna komputer untuk memasang filter pada masing masing layar komputernya. Belom lagi bila ruangan kerja memakai AC, ini juga akan menambah potensi kerusakan pada mata saat sedang bekerja di depan komputer. Hal ini bisa terjadi karena AC mempunyai sifat mengeringkan udara yang ada di ruangan sehingga air mata yang berfungsi membasahi kelopak mata dan bola mata bisa menguap dan menjadikanya kering, mengakibatkan gesekan diantara keduanya semakin besar. Untuk mengatasi kekringan pada kelopak mata maka anda disarankan untuk sering sering berkedip atau menambahkan cairan obat mata untuk sekedar membasahi kelopak mata.

Pola hidup memang mempunyai peranan besar terhadap kesehatan tubuh termasuk mata. Selain karena debu di jalan, tuntutan menggunakan komputer saat bekerja ternyata terlalu sering menggunakan Smart Phone pun bisa menyebabkan kerusakan mata. Seperti yang dikatakan dokter mata Andy Hepworth “Cahaya biru violet sangat berpotensi merusak dan meracuni belakang mata. Sehingga dalam waktu tertentu, hal itu akan merusak mata Anda. ketika anda melihat ke ponsel, cahaya yang terpancar adalah biru violet”. Maka sangat disarankan untuk para kaula muda yang sudah tergila gila dengan media sosial yang ada di Smart Phone untuk mulai bijaksana menggunakannya untuk menjaga kesehatan mata. Sebaiknya bila anda sedang menggunakan Smart Phone jagalah jarak antara mata dengan layar minimal 30cm untuk mengurangi efek radiasi dari layar, kalau perlu gunakanlah kaca mata anti radiasi yang sudah banyak beredar di pasaran. Usahakan jangan menggunakan Smart Phone dalam posisi tiduran dan di ruangan gelap.

Makan sayur dan buah – buahan pasti akan mempunyai pengaruh terhadap kesehatan. Untuk kesehatan sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah wortel. Anda bisa memasaknya dengan di rebus di campur dengan sayur yang lain atau bisa juga dengan di jus.

Tags: