Cara Mencegah Sakit Pinggang

Sakit pinggang atau rasa nyeri di sekitar pinggang bisa terjadi kapan dan dimana saja. Keluhan di pinggang ini juga bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki, perempuan, orang tua maupun remaja. Sakit di pinggang lebih sering terjadi setelah melakukan aktivitas, terutama saat melakukan aktivitas yang cukup berat. Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain memasak, mencuci, menyetrika dan berbenah rumah. Mengangkat kursi, memindah meja dan menggeser lemari saat berbenah rumah dapat menimbulkan sakit pinggang. Aktivitas ringan seperti duduk, berdiri, mengendarai mobil atau motor yang berlangsung dalam waktu yang lama dan statis juga memicu munculnya sakit pinggang.

Image: CaraMembuatmu.com

Sakit pinggang terjadi karena adanya ketegangan otot, misalnya saat Anda mengangkat beban yang berat dengan cara yang salah. Faktor usia juga mempengaruhi timbulnya sakit pinggang karena pada orang tua dapat terjadi pengapuran tulang yang menyebabkan jepitan saraf. Sakit pinggang dapat juga disebabkan oleh adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang, gerakan atau sikap badan yang salah saat mengangkat beban, pemakaian sepatu dengan tumit tinggi, tidur dengan alas tidur yang terlalu lentur dan kurangnya olahraga yang Anda lakukan. Kurang olahraga menyebabkan kelenturan sendi dan otot menurun sehingga mudah terjadi cedera. Berikut beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari serangan sakit pinggang.

Lakukan pemanasan atau stretching sebelum beraktivitas.

Sebelum melakukan aktivitas, terutama yang cukup berat seperti berolahraga atau mengangkat beban yang berat, Anda wajib melakukan peregangan otot dua kali pada tubuh. Pemanasan terutama harus dilakukan pada bagian tubuh yang akan digunakan untuk beraktivitas, misalnya otot tangan, kaki, bahu, pinggang dan punggung.

Lakukan aktivitas dengan alat bantu.

Terkadangan Anda terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas dengan mengandalkan kekuatan tubuh sendiri. Padahal hal tersebut dapat menimbulkan cedera tubuh. Lakukan aktivitas dengan aman dan tidak memaksakan diri. Bila memang Anda kesulitan, Anda dapat meminta bantuan orang lain atau menggunakan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Lakukan pendinginan setelah aktivitas.

Melakukan pendinginan seringkali dianggap sepele dan dilupakan begitu saja. Padahal pendinginan penting untuk relaksasi otot yang tegang setelah beraktivitas.

Pendinginan setelah berolahraga dapat mencegah terjadinya cedera.

Gunakan sepatu yang nyaman dan bertumit rendah.

Penggunaan sepatu bertumit tinggi membuat beban tubuh cenderung ke depan, padahal seharusnya ke belakang. Menggunakan sepatu bertumit tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan sakit pinggang. Sepatu dengan tumit rendah lebih baik bagi kesehatan, namun bila Anda diharuskan memakai sepatu bertumit tinggi usahakan jangan lebih dari 12 jam demi kesehatan tubuh Anda.

Jaga nutrisi dan diet makanan Anda.

Berat badan yang berlebih ternyata juga mempengaruhi timbulnya sakit pinggang, terlebih bila lemak Anda mengumpul di sekitar pinggang. Diet harian yang cukup kalsium, fosfor dan vitamin D membantu menjaga pertumbuhan tulang baru.

Tags: