Fungsi Bahasa Indonesia Yang Wajib Anda Tahu

Sebagai media interaksi antar manusia, bahasa menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan kehidupan manusia. Dalam prosesnya, bahasa sudah berkembang selama jutaan tahun, mulai dari bahasa yang sangat sederhana yang dipakai oleh orang-orang zaman dulu, hingga bahasa yang sangat canggih yang digunakan oleh para programmer. Setiap negara memiliki ciri khas bahasa masing-masing, perbedaan ini diakibatkan oleh letak geografis. Semakin letak geografis suatu negara dekat, maka bahasanya pun akan semakin banyak memiliki persamaan. Contohnya saja seperti bahasa Indonesia dengan bahasa Malaysia.

Image: http://susastro.blog.undip.ac.id

Berbicara mengenai bahasa Indonesia, sebagai warga negara Indonesia yang baik, apakah kita sudah tahu fungsi bahasa Indonesia

Berbicara mengenai bahasa Indonesia, sebagai warga negara Indonesia yang baik, apakah kita sudah tahu fungsi bahasa Indonesia? Mungkin diantara anda ada yang menjawab sebagai bahasa pemersatu, itu betul. Mungkin juga ada yang menjawab sebagai bahasa nasional, itu juga betul. Tapi mungkin jua diantara anda ada yang masih bingung fungsi sebenarnya dari bahasa Indonesia. Oleh karena itu SiUntung.com sebagai media yang selalu menyajikan informasi pendidikan kali ini akan memaparkan mengenai fungsi bahasa Indonesia.

Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Seperti yang telah dijelaskan diatas, setiap negara pasti memiliki bahasa yang berbeda, dan bahasa itu pulalah yang menjadi ciri nasional seuatu negara, jadi bisa kita sebut bahasa indonesia merupakan ciri nasional negara Indonesia, dan bahasa Indonesia menjadi ciri dan lambang identitas nasional. Selain itu bahasa Indonesia juga dapat menjadi lambang kebanggaan nasional, dimana kita bangga menggunakan bahasa Indonesia sebaga ciri masyarakat Indonesia yang bermartabat, ramah, dan berkepribadian luhur.

Dan yang paling penting dari fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional adalah menjadi alat pemersatu bangsa. Yup, Indonesia memiliki ratusan ribu bahasa dan suku yang berbeda. Bisa anda bayangkan bagaimana cara berkomunikasi antar suku yang memiliki bahasa yang berbeda kalau tidak ada bahasa Indonesia? Walaupun mungkin ada beberapa masyarakat di pedesaan ataupun pedalaman tidak bisa berbicara bahasa Indonesia, tetapi ketika mendengarkan orang berbicara bahasa Indonesia, mereka pasti memahaminya. Inilah fungsi yang sangat fital, yaitu fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, yang dapat menyatukan perbedaan yang terdapat di Indonesia.

Fungsi bahasa indonesia sebagai bahasa negara

Setiap negara memiliki bahasa resmi yang diakui dan dipakai sebagai bahasa resmi dalam setiap aktifitas kenegaraan, aktifitas pemerintahaan, dan berbagai aktifitas resmi yang dilakukan oleh pemerintah. Begitupun dengan Indonesia, fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara sudah jelas, karena mulai dari naskah proklamasi, sampai naskah undang-undang terbaru yang dikeluarkan pemerintah, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi, maka dalam prakteknya, bahasa Indonesia digunakan dalam berbagai hal, termasuk sebagai bahasa pengantar di sekolah, sebagai bahasa resmi di pemerintahan, dan juga bahasa resmi yang digunakan dalam pengembangan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan, serta pengembangan teknologi.

Itulah fungsi bahasa indonesia yang wajib kita tahu sebagai warga negara Indonesia yang baik. Walaupun dalam perkembangannya ejaan bahasa Indonesia terus mengalami perubahan, tapi hal itu tidak menghilangkan esensi dari bahasa Indonesia itu sendiri, tapi lebih dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Akhir kata, kami hanya ingin menanyakan satu hal: Sudahkah anda mencintai Bahasa Indonesia?

Tags: