Trik Belanja Cepat dan Hemat Waktu

Belanja merupakan kegiatan yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Anda pasti diharuskan belanja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, terkadang belanja dianggap sebagai kegiatan yang membuang waktu, terlebih bagi pria. Wanita yang memiliki banyak kesibukan juga terkadang merasa bahwa berbelanja, baik kebutuhan pribabdi hingga kebutuhan rumah tangga, membuang banyak waktunya.

Image: Tampang.com

Saat ini memang sudah banyak fasilitas online shop yang dapat mengefisienkan waktu Anda dalam berbelanja. Namun, ada barang-barang keperluan rumah tangga tertentu bagi Anda yang sudah menikah yang tidak bisa dibeli secara online. Anda tetap harus meluangkan waktu untuk berbelanja kebutuhan seperti makanan, minuman, perlengkapan rumah tangga, dan juga obat-obatan. Berikut ada beberapa trik agar waktu Anda tidak banyak terbuang ketika Anda berbelanja di toko ataupun pusat perbelanjaan.

  • Menyusun daftar belanja.

    Daftar belanja sangat penting agar waktu yang Anda gunakan ketika berbelanja efektif. Sebelum menyusun daftar belanja, Anda perlu mencari tahu barang dan kebutuhan apa saja yang harus Anda beli. Selanjutnya susun kebutuhan Anda dalam sebuah daftar sebelum pergi ke pusat perbelanjaan. Saat Anda pergi berbelanja, jadikan daftar kebutuhan belanja tersebut sebagai patokan utama dan penuhi daftar belanja tersebut terlebih dahulu. Jangan tergoda untuk melirik-lirik barang lain diluar daftar tersebut. Bila Anda tidak mematuhi daftar belanja tersebut maka Anda telah membuang-buang waktu Anda. Kecuali jika memang Anda memiliki sisa waktu, barulah Anda boleh melihat-lihat barang lain.

Persiapkan daftar belanja Anda dengan jelas dan cermat.

  • Mencari informasi sebelum berbelanja.

    Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat waktu belanja adalah mencari informasi tentang barang-barang yang akan Anda beli sebelum berbelanja. Bila memang barang yang akan Anda beli tersedia di situs online, Anda bisa membelinya secara online saja. Namun, pastikan barang yang Anda beli asli dan berkualitas. Anda juga dapat bertanya dan meminta informasi dari tetangga, teman atau kerabat tentang barang yang akan Anda beli tersebut. Pastikan situs online yang Anda kunjungi benar-benar menjual barang yang bagus. Dan bila Anda akan membeli barang di suatu pusat perbelanjaan, pastikan juga pusat perbelanjaan yang akan Anda datangi memang menyediakan barang-barang kebutuhan Anda.

  • Membuat jadwal belanja.

    Buatlah jadwal untuk berbelanja secara rutin dan teratur. Susun jadwal untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari yang habis pakai minimal seminggu sekali dan berbelanja barang-barang persediaan minimal sebulan sekali. Pilihlah toko yang tidak terlalu jauh dari rumah dan menyediakan barang-barang secara lengkap. Tanyakan juga kepada seluruh anggota keluarga mengenai barang-barang kebutuhannya masing-masing sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke pusat perbelanjaan diluar jadwal yang telah ditentukan. Pusat perbelanjaan yang memiliki persediaan barang lengkap juga akan membuat Anda tidak perlu berpindah-pindah tempat sehingga waktu Anda tidak banyak terbuang.

Tags: