Bisnis Jualan Asli Indonesia

Mencari rezeki dengan jalan bisnis memang tidak akan ada matinya. Sembilan puluh persen jalan rezeki berasal dari bisnis jualan. Jadi, tidak heran bila orang kaya kebanyakan berasal dari kalangan pengusaha yang menjual barang maupun jasa, baik di dalam maupun ke luar negeri. Berikut ini kami sajikan bisnis Indonesia yang mengusung ciri khas bangsa yang besar ini.

Image: Merdeka.com

BisnisJualanJamu

Siapa yang menyangka kalau jamu dapat mengubah nasib hidup seseorang? Adalah Nyonya Meneer yang mengawali bisnis jualan jamu di Indonesia. Pada awalnya, beliau tidak berniat untuk meperjual-belikan jamu buatannya, melainkan hanya sebagai obat untuk suaminya sendiri yang saat itu sedang sakit parah. Setelah berhasil menyembuhkan suaminya, akhirnya banyak orang yang ingin mencoba jamu racikan nyonya Meneer. Dapat kita bayangkan keadaan yang waktu itu minim tenaga medis dan mahalnya pengobatan rumah sakit membuat masyarakat masih menggantungkan diri pada obat tradisional. Dari sinilah kemudian bisnis jualan jamu Nyonya Meneer berkembang dan berubah beliaupun mampu mendirikan pabrik jamu. Bahkan, beberapa pengusaha lain mencontoh bisnis di bidang tersebut.

Bisnis JualanBatik

Indonesia merupakan negara yang kaya akan nilai budaya. Salah satu budaya yang sudah santer terdengar adalah kain batik. Kain batik kini banyak diburu konsumen baik di dalam maupun luar negeri. Keindahan motif kain yang benar-benar beragam membuat kain batik semakin digemari. Bisnis batik berkembang pesat di kawasan Jogja, Solo, dan Pekalongan. Bisnis batik merupakan bisnis Indonesia yang mengusung budaya setempat, jadi eskipun sebutannya sama namun kain batik dari setiap daerah tersebut memiliki cirri tersendiri. Seperti batik Solo yang memiliki nama motif dan kekhususan pemakaiannya, atau batik Pekalongan yang penuh warna cerah. Semakin hari, bisnis jualan batik rupanya semakin berpeluang di pasaran. Pemerintah sendiri turut mempromosikannya dalam berbagai event dan kepentingan negara.

Bisnis JualanWayang

Kerajinan wayang adalah contoh lain dari budaya ibu pertiwi yang turut berkembang seiring majunya zaman. Wayang yang tidak lagi digemari sebagai tontonan, kini hidup sebagai souvenir favorit khas Indonesia. Wayang tak lagi selalu berbahan dasar kulit binatang, adapula yang dibuat dari kertas dan kayu. Ukurannya juga bervariasi, mulai dari yang kecil untuk gantungan kunci, bros, atau hiasan dinding. Wayang juga menjadi inspirasi gambar di berbagai produk seni lainnya. Peluang bisnis yang sangat menjanjikan, bukan?

Bisnis JualanKayu

Indonesia dikenal kaya akan hasil hutan, seperti kayu dan rotan. Sudah menjadi rahasia umum jika kayu Indonesia bukan hanya dijadikan produk dalam negeri saja tetapi juga diekspor ke berbagai negara tetangga. Untuk menambah nilai ekonominya, kayu-kayu ini diekspor dalam bentuk barang siap pakai seperti kursi, meja, hiasan, lemari, dan masih banyak lainnya. Bisnis Indonesia yang satu ini kabarnya banyak menguntungkan. Meski demikian, hindailah perbuatan curang dengan menggunduli hutan atau melakukan penebangan liar demi bisnis karena nantinya akan merugikan diri sendiri.

Tags: