Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan IPTEK memang tidak bisa kita sangkal kebenarannya. Dan teknologi itu sendiri terus berkembang seiriing berjalannya waktu. Hal itu terbukti dengan banyaknya macam – macam inovasi yang telah berkembang di zaman ini. Dan teknologi itu bermacam-macam pula bentuknya. Mulai dari penemuan benda yang paling sederhana, hingga penemuan- penemuan lain yang luar biasa.

Image: TugasSekolah.Com

Teknologi itu sendiri sebenarnya sudah ditemukan sejak zaman dahulu kala. Orang- orang dari peraadaaban mesir kuno dan peradaban yunani kuno contohnya. Mereka mencari cara untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam kehidupan sehari- hari. Maka dari itu mereka menciptakan alat- alat yang dapat meringankan pekerjaan mereka. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa teknologi lahir dari keinginan manusia untuk menciptakan suatu hal yang dapat meringankan pekerjaan mereka.

Kini teknologi berkembang secara pesat, baahkan mereka terus berevolusi hingga sekaraang. Selain itu banyak pula benda yang telah diciptakan manusia ssebagai wujud dari perkembangan teknologi, untuk membantu pekerjaan manusia lebih efisien baik waktu maupun tenaga. Sebagaai contoh adalah mobil, dahulu orang menggunakan gerobak yang ditarik binatang sebagai alat transportasi. Tapi karna inisiatif mereka, akhirnya terciptalah ide untuk menciptakan alat transportasi berupa loogam kokoh yang ddigerakan oleh motor penggerak. Dan setalah beberapa puluh tahun, akhirnya logam kokoh tersebut berevolusi menjadi mobil yang sering kita lihat di jalanan.

Perkembangan teknologi yang paling sederhana merupakan pengembangan dari metode lama dalam penyelesaian pekerjaan- pekerjaan tradisional seperti mendirikan tempat tinggal, membuat pakaian, memasak makanan, dan lain- lain.

Secara umum, klasifikasi dasar dari perkembangan teknologi dibagi menjadi 3, yaitu :

  1. Perkembangan teknologi bersifat netral (neutral technological progress)

Hal ini terjadi apabila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi daripada jumlah dan kombinasi faktor- faktor pemasukan (input) yang sama.

  1. Perkembangan teknologi hemat tenaga kerja ( labor-saving technological progress)

Hal ini terjadi karena pengalihan tenaga manusia yang kurang efisien sehingga diciptakanlah teknologi tersebut agar hasil kerja menjadi lebih maksimal dan lebih efisien waktu maupun tenaga. Contoh, produksi roti dalam kemasan.

  1. Perkembangan teknologi hemat modal ( capital-saving technological progress)

Hal ini terjadi apabila penggunaan dana dalam suatu riset / penelitian hanya memakan seedikit dana. Sebenarnya hal ini merupakan suatu fenomena langka. Hal ini terjadi karena hampir semua riset dan penelitian mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh belahan dunia dilaksanakan oleh negara- negara maju, Sehingga yang lebih diutanakan dalam riset/ penelitian tersebuat adalah bagaimana cara menghemat penggunaan tenaga kerja, Bukan dari seberapa dana yang digunakan.

Sebagai manusia yang hidup di era globalisasi, Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memang telah merasuk dalam kehidupan kita sehari- hari. Maka dari itu kita harus bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi tersebut. Jangan sampai kita tenggelam dalam kemudahan yang di tawarkan oleh teknologi, hingga akhirnya kita menjadi budak teknologi.

Tags: