6 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin A

Sama seperti semua vitamin lainnya, vitamin A sangat penting untuk mendukung kesehatan anggota badan. Salah satu manfaat vitamin A ialah untuk menjaga kesehatan organ mata. Sedikit informasi bahwa vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang bisa terlarut dalam lemak yang memiliki peran penting untuk proses pembentukan sistem penglihatan.

Image: Heqris.com

Ada banyak sekali makanan yang kaya akan kandungan vitamin A. Apa sajakah makanan tersebut? Kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis buah dan sayur sebagai makanan yang mengandung vitamin A.

  1. Wortel

Sayuran yang juga sangat disukai oleh kelinci ini memang banyak sekali mengandung vitamin A. Tidak heran kalau kelinci memiliki penglihatan tajam di waktu malam hari sekalipun. Wortel juga bisa menurunkan hipertensi, dan yang lebih membahagiakan lagi untuk anda para wanita, wortel juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan nyeri saat datang bulan. Anda dapat memasaknya sebagai campuran bahan sup atau sekedar untuk lalapan saja.

  1. Cabai Merah

Sayur yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah cabai merah. Tanaman yang dimanfaatkan sebagai tambahan rasa pedas dalam bumbu masakan ini juga merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin. Salah satu dari banyak vitamin tersebut ialah vitamin A. Tidak salah kalau banyak orang yang gemar makan makanan pedas mempunyai penglihatan yang bagus.

Baca juga : 5 Makanan Penambah Berat Badan Alami

  1. Sayur Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin A. Sayuran berwarna hijau ini juga tak kalah dengan wortel. Bayam yang memiliki kandungan beta karotin di dalamnya, hampir sama dengan beta karotin di dalam wortel. Selain itu bayam juga memiliki kandungan zat besi yang tentu bermanfaat untuk kesehatan anda. Satu gelas bayang telah cukup untuk melengkapi kebutuhan 49 % vitamin A anda.

  1. Sayur Tomat

Salah satu jenis sayur yang identik dengan warna orange serta bentuk bulat ini juga ternyata sangat kaya dengan kandungan vitamin A nya. Satu buah tomat dengan ukuran sedang saja telah cukup untuk melengkapi 20 % kebutuhan tubuh anda akan vitamin A.

  1. Buah Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A. Selain enak rasanya, buah yang harganya juga murah meriah ini ternyata sangat kaya dengan kandungan vitamin A nya. Satu buah pepaya yang berukuran kecil saja telah mencukupi kebutuhan tubuh akan 29% kandungan vitamin A.

  1. Buah Naga

Makanan yang mengandung vitamin A selanjutnya ialah buah naga. Sayangnya untuk mendapatkan manfaat vitamin A dari buah naga ini anda harus merogoh kocek lebih dalam sebab memang harga buah naga ini lumayan mahal. Bahkan terkesan bahwa buah naga merupakan buahnya para orang kaya.