Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi. Berenang terbilang minim resiko cidera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air. Ternyata berenang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut ini segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berolahraga renang.

Image: Kesekolah.com
  • Meningkatkan fleksibilitas, postur, dan keseimbangan.

Tak hanya otot yang bagus, tetapi juga meregangkan serat otot dan ligament, membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh. Dengan berenang, akan membuat tubuh menyesuaikan secara alami, sehingga inti tubuh dan punggung lebih kuat. Orang yang biasa berenang biasanya lebih tinggi dan memiliki keseimbangan yang baik.

  • Jantung yang lebih sehat.

Dengan berenang maka akan membuat jantung lebih sehat dan kuat. Selain itu, juga membuat jantung lebih efisien dalam memompa aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh dan mengikis lapisan kolesterol dan racun dalam pembuluh darah. American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa hanya dengan 30 menit latihan perhari, seperti berenang, dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 30-40%, dan mampu mengontrol tekanan darah/tensi.

  • Mengurangi resiko diabetes.

Dengan 30 menit berenang selama tiga kali/minggu, bisa membakar 900 kalori dan mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 lebih dari 10%. Karena dengan berenang dapat meningkatkan sensivitas insulin.

  • Membantu mengontrol berat badan.

Berenang adalah salah satu pembakar kalori terbesar, dan itu bagus untuk menjaga atau mengontrol berat badan. Banyak sedikitnya jumlah kalori yang terbakarm tergantung fisiologi tubuh dan intensitas dalam berolahraga renang. Tetapi sebagai aturan umum, untuk setiap 10 menit renang gaya dada akan membakar 60 kalori, gaya punggung 80 kalori, gaya bebas sampai 100 kalori, dan gaya kupu-kupu sampai 150 kalori.

  • Memperbaiki kadar kolesterol.

Berenang dapat memperbaiki keseimbangan rasio yang tepat dari kolesterol dalam tubuh, yakni rasio seimbang antara kadar kolesterol baik (HDL) dan kadar kolesterol buruk (LDL). Dengan berenang dapat meningkatkan keseimbangan yang tepat berkat kekuatan aerobic, yang telah terbukti dengan cara meningkatkan kadar HDL.

  • Mengurangi gejala arthritis.

Sebuah kolam menyediakan tempat yang ideal untuk bekerjanya otot yang kaku dan sakitnya sendi, terutama jika Anda kelebihan berat badan atau menderita Athritis. Untuk penderita arthritis disarankan pada kolam yang hangat, karena air hangat dapat membantu melonggarkan sendi yang kaku. Ini telah terbukti, bahwa olahraga berbasis air dapat meningkatkan penggunaan sendi yang terkena dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, juga meningkatkan kekuatan tulang terutama pada wanita pasca menopause.

Berenang ternyata mampu mengurangi stress karen salah satu efek yang ditimbulkan adalah dilepaskannya bahan kimia saat merasa bahagia yaitu endorphin. Selain itu, juga membangkitkan respon rileksasi seperti yoga. Hal ini disebabkan adanya peregangan konstan dan relaksasi otot dikombinasikan dengan napas yang berirama dalam.

Bagi Anda yang takut air, cobalah meninggalkan ketakutan itu dari sekarang. Pergilah ke kolam renang terdekat dan rasakan manfaatnya!

Tags: