Futsal Yang Kian Diminati

Olahraga futsal kian diminati oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak – anak, remaja hingga dewasa. Hal dikarenakan jenis olahraga turunan dari sepak bola ini lebih mudah dilakukan dibandingkan sepak bola pada umumnya. Futsal hanya membutuhkan luas lapangan dengan panjang 25m – 43m kali lebar 15m – 25m dengan gawang tinggi 2m X lebar 3m. Sangat mungkin diaplikasikan dengan kondisi saat ini dimana sudah jarang lapangan sepak bola atau lahan kosong yang bisa digunakan untuk bermain sepak bola. Bermain futsal yang sangat fleksibel bisa dilakukan di indoor maupun outdoor. Kini banyak pengusaha yang menangkap peluang ini menjadikanya usaha persewaan lapangan futsal.

Image: futsalin.id

Futsal berasal dari singkatan bahasa spanyol yaitu futbolyang berarti sepak bola, dan sala yang berarti ruangan. Menurut FIFA, Futsal dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceraini di Montevideo, Uruguai pada tahun 1930. Pertandingan yang terdiri dari 11 orang pemain untuk setiap tim ini pertama kali diadakan tingkat International pada tahun 1965, dan di Indonesia sendiri Futsal dikenal masyarakat mulai tahun 1998, dan pada tahun 2002 Indonesia diberi mandat AFC (Asia Football Asosiation) untuk menggelar kejuaraan Piala Asia.

Futsal termasuk memiliki tingkat ketegasan dalam aturan bermain terutama terhadap kontak fisik. Pemain dilarang menjegal lawan dari belakang dan dilarang berbenturan body (Body Charge). Dengan demikian skill pemain memang sangat diasah dalam olahraga permainan ini. Kecepatan, kelincahan dan keseimbangan sangat dibutuhkan untuk menguasai bola lebih lama. Yang terpenting dalam permainan ini adalah kerjasama team, karena bola mengalir lebih cepat dibandingkan sepak bola biasa. Dengan demikian pernafasan akan memicu jantung berdetak lebih cepat sehingga akan melatih ketahanan jantung. Mungkin anda akan terengah engah saat pertama kali bermain futsal, tapi ini hal yang biasa dalam olahraga apapun.

Olahraga Futsal yang bisa dilakukan di dalam ruangan memberi fleksibilitas waktu kepada pecintanya karena tidak terpancang pencahayaan dan cuaca. Siang, sore, malam, panas, hujan, tidak menjadi soal untuk melakukan olahraga ini. Misalnya saja anak sekolah yang hanya bisa bermain saat pulang iddengan urusan kantor bisa membuat janji bermain futsal dengan teman sekantor setelah jam kerja. Bahkan sebagian orang masih menyempatkan bermain Futsal di larut malam.

Mungkin bila dilihat dari segi harga persewaan lapangan,olahraga jenis ini terlihat mahal. Persewaan lapangan futsal indoor biasanya perjamnya rata – rata berkisar antara 100 – 300 ribu rupiah. Namun bila dilihat dari segi positifnya futsal tidak hanya sebagai kegiatan mencari keringat, namun juga bisa menjadi ajang mempererat silaturahmi antar teman bahkan antar relasi kerja. Misalnya sewaktu liburan ingin mengagendakan berkumpul teman lama, mungkin berkumpul sambil bermain futsal menjadi pillihan menarik. Selain berkumpul, bisa berkeringat, dan menyehatkan lahir batin.

Tags: