Menikmati Kuliner Khas Semarang

Berkunjung ke suatu kota, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Untuk wisata kuliner kali ini, kita berkunjung ke salah satu kota besar yang ada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan sebutan Kota Atlas. Ya, apalagi kalau bukan Kota Semarang, yang merupakan ibukota dari propinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, kota ini juga termasuk surganya kuliner. Ada banyak makanan atau jajanan yang bisa dinikmati di Kota Semarang. Kuliner apa sajakah yang menjadi ciri khas Kota Semarang? Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Lumpia

Kuliner yang satu ini menjadi ciri khas Kota Semarang. Lumpia biasanya disediakan dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Kulit lumpia akan terasa lembut jika dimakan apalagi ditambah isian yang padat. Isi lumpia yang berupa paduan rebung muda, udang dan telur terasa begitu cocok di lidah dengan ditambah saus dan daun bawang segar.

Image: IDN Times

Untuk lumpia, ada 4 sentra utama yang terkenal dengan rasa khas lumpianya. Yaitu di Gang Lombok, Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Jagalan serta Jalan Pandanaran. Satu lumpia dibandrol dengan harga 10ribu saja. Murah bukan? Jika ingin mengemas sebagai oleh-oleh, maka lumpia akan dikemas dalam besek yang berisi 10 lumpia. Dan sebaiknya membeli yang lumpia basah saja, karena lumpia ini bisa awet sampe 3 hari.

  1. Wingko babat

Wingko adalah jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya gurih dan bisa awet 2-5hari walaupun dibuat tanpa bahan pengawet. Jajanan ini dikemas dalam besek atau kardus yang berisi 10-20 bungkus. Wingko babat bisa ditemukan disepanjang Jalan Pandanaran, Semarang.

  1. Bandeng presto

Bandeng presto adalah bandeng yang dimasak dalam panic bertekanan tinggi (presto) dan dikemas dalam kemasan kedap udara. Bandeng presto ini bisa awet berminggu-minggu jika disimpan dalam kulkas. Salah satu oleh-oleh ini bisa didapatkan di sepanjang jalan Pandanaran Semarang.

  1. Tahu gimbal

Makanan yang satu ini benar-benar memanjakan lidah. Racikan tahu gimbal yang terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, kubis mentah, dan gimbal. Gimbal ini berwujud bakwan udang. Untuk penyajiannya, penjual menggunakan gunting besi untuk memotong bahan-bahan tadi. Setelah semuanya sudah terpotong, maka akan diguyur dengan saus kacang petis udang. Terbayang bukan nikmatnya? Satu porsi tahu gimbal harganya hanya 8-10ribu rupiah saja.

  1. Tahu pong

Tahu pong ini berwujud tahu goreng yang digoreng garing dan gurih, tetapi dalamnya kosong (kopong) sehingga disebut tahu pong. Makanan ini enak dimakan saat panas, dengan dicocol petis udang, ditemani acar dan ulegan cabai hijau. Satu porsinya harga yang ditawarkan hanya 6ribu rupiah.

Apakah Anda tertarik? Silakan berkunjung ke Kota Semarang dan jangan lupa untuk mencicipi kulinernya.

Tags: