Kombinasi Makanan yang Buruk

Bagi Anda penikmat kuliner, ada kalanya mencoba berbagai macam makanan secara bersamaan dalam satu waktu. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua jenis makanan boleh dikonsumsi atau dimakan secara bersamaan. Beberapa akibatnya akan menimbulkan efek atau penyakit yang berbahaya. Berikut ini daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Image: IDN Times
  1. Susu kedelai dan telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, sedangkan susu kedelai bersifat mengurangi aktivitas enzim protease yang digunakan tubuh untuk membantu metabolisme protein. Jadi, apabila susu kedelai dan telur dikonsumsi secara bersamaan maka tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur.

  1. Susu dan coklat

Susu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan coklat banyak mengandung asam oksalat. Apabila kalsium dari susu dan asam oksalat dari coklat bergabung maka akan terbentuk kalsium oksalat yang tidak mudah larut dalam tubuh dan dapat menyebabkan diare. Selain itu, kalsium oksalat menyebabkan kulit kepala kering dan kusam. Jadi, susu dan coklat tidak boleh dimakan secara bersamaan.

  1. Susu dan buah-buahan

Apakah Anda sering mengonsumsi sup buah? Di dalam sup buah terdapat berbagai buah seperti melon, apel, stroberi, dan banyak lainnya. Buah-buahan tersebut biasanya disiram dengan kuah sirup segar dan susu kental manis. Sebenarnya, susu seharusnya tidak dikonsumsi bersamaan dengan buah karena buah-buahan banyak mengandung asam dan susu mengandung protein. Apabila dikombinasikan antara susu dengan buah, maka asam akan mengikat protein sehingga sulit dicerna oleh tubuh.

  1. Daging dan buah semangka

Semangka adalah salah satu buah pencuci mulut yang menjadi favorit banyak orang. Namun, jika memakannya setelah Anda mengonsumsi daging, misanyal daging kambing, justru efek bergizi dari kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa serta jantung.

  1. Kepiting dan teh

Bagi Anda pecinta kepiting, hindari meminum teh sebagai penyegarnya. Hal ini dikarenakan mengonsumsi kepiting dan teh secara bersamaan akan menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika memakan kepiting, cairan lambung akan diencerkan oleh teh. Teh mengandung asam tannic yang tinggi sehingga akan berpengaruh pada asimilasi dan mengurangi kemampuan lambung dalam mensterilkan.

  1. Udang dan vitamin C

Setelah Anda makan udang, sebaiknya jangan makan atau minum sesuatu yang mengandung vitamin C, contohnya jeruk. Mengonsumsi kedua makanan tersebut secara bersamaan dapat menyebabkan kerusakan hati, jantung, ginjal, usus berdarah, pelebaran pembuluh darah, hingga kematian dengan panca indera mengeluarkan darah. Hal ini dikarenakan kandungan udang yaitu Arsenic pentoxide, jika bertemu dengan vitamin C, menyebabkan reaksi kimia di dalam perut yang beracun.

Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah dalam mengombinasikan makanan. Jangan sampai ketika Anda ingin memanjakan lidah, justru akan membuat kesehatan Anda terancam.

Tags: