Tips Berhemat Saat Perbaikan dan Perawatan Mobil

Untuk menghemat uang saat perbaikan dan perawatan mobil, Anda tidak harus tahu segala hal mengenai mobil. Tetapi dengan mengetahui cara kerja industri perbaikan dan perawatan mobil yang biasa Anda kunjungi, Anda dapat menghemat uang bahkan hingga jutaan rupiah. Berikut kami sajikan tips agar mobil dan uang dalam saku Anda sama-sama terkondisi dengan baik.

Image: PT. Toyota Astra Motor

Bacabukupetunjuk pengguna

Jika Anda malas membaca, setidaknya biasakan diri Anda untuk membaca Panduan Perawatan Terjadwal untuk mobil Anda. Panduan ini memberitahu Anda kapan perawatan yang dianjurkan oleh produsen mobil. Jika Anda memperhatikan dan mau membaca, Anda akan dapat mengetahui cara dan waktu terbaik untuk mengeluarkan budget perawatan mobil tanpa menghamburkannya secara berlebihan.

Cari bengkelyangbereputasi baik

Tanyakan pada keluarga, rekan kerja, dan teman-teman Anda apakah mereka memiliki langganan bengkel atau mekanik terpercaya. Carilah bengkel di sekitar Anda yang mengkhususkan diri dalam perbaikan dan perawatan mobil sehingga mereka betul-betul paham dan tidak asal-asalan saat mengerjakan mobil Anda.

Pastikan kelayakan bengkel dan mekanik yang Anda kunjungi.

Melakukan perawatan preventif

Cara terbaik untuk menguji sebuah bengkel yang Anda yakini reputasinya adalah dengan mampir ketika Anda harus ganti oli. Ini adalah salah satu langkah perawatan preventif yang dapat Anda lakukan. Jika bengkel tersebut memberikan estimasi jasa perbaikan dan perawatan tambahan, pastikan mereka menunjukkan bahwa daftar tersebut memang untuk spesifikasi mobil Anda serta pas dengan jarak tempuh mobil saat ini. Tanyakan mana perbaikan atau perawatan yang paling penting dan sesuaikan dengan dompet Anda. Jika perbaikan atau perawatan belum tuntas, segera anggarkan dana. Mintalah pendapat teman Anda yang lebih paham mengenai estimasi tersebut sebelum Anda kembali ke bengkel.

Hindari biaya tenaga kerja ganda

Kadang-kadang seorang mekanik harus melepas banyak komponen untuk menjangkau komponen yang sedang rusak atau bermasalah. Untuk menghemat perbaikan di masa mendatang, Anda dapat melakukan perbaikan itu sekarang. Misalnya, untuk memperbaiki drive belt, seorang mekanik mungkin menganjurkan penggantian selang radiator atas dan bawah serta pompa air dan termostat, karena mekanik tersebut harus melepaskannya untuk menjangkau drive belt. Untuk menghemat pengeluaran, negosiasikan pengurangan biaya jasa tenaga kerja jika tarif dasar sudah diperkiraan untuk setiap penggantian komponen.

Lakukan perbaikan dan perawatan sendiri

Anda dapat melakukan beberapa perbaikan dan perawatan mobil sendiri di rumah. Mengganti wiper blade sangatlah mudah jika Anda tahu caranya. Saat Anda datang ke toko onderdil, mintalah petugas suku cadang untuk membantu memilih wiper blade yang tepat untuk kendaraan Anda. Kemudian cobalah minta bantuan untuk memasang komponen tersebut. Anda dapat menghemat uang jika petugas tersebut menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memasangnya tanpa Anda perlu ke bengkel.

Tags: