Cara Menghilangkan Bau AC Mobil dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bau AC Mobil – Sebagian besar masyarakat merasa mengeluh karena ada bau yang tidak sedap setelah mereka menyalakan AC mobil. Namun bau tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa menit.

Sebenarnya bukan komponen AC yang mengeluarkan bau kurang sedap. Bau tersebut dapat muncul akibat adanya bakteri yang bersarang di kolong AC. Bakteri tersebut tumbuh dan berkembang dari kotoran yang terhirup oleh evaporator AC. Berikut cara menghilangkan bau AC mobilyang bisa Anda coba praktekan sendiri di rumah.

  1. Jangan terlalu sering membuka kaca mobil.

Membuka kaca mobil dapat membuat kotoran dan debu masuk. Kemudian kotoran tersebut terhirup dan menyebabkan bau, terutama ketika mobil berjalan. Oleh sebab itu minimalisir membuka kaca mobil.

  1. Bersihkan kabin mobil sesering mungkin.

Membersihkan bagian kabin akan membantu kita mengusir kotoran penyebab bau AC mobil. Bersihkan secara rutin minimal 1x dalam seminggu. Selain bisa menjaga AC tetap harum dan dingin, membersihkan kabin secara rutin juga dapat membuat penumpang di dalam mobil menjadi lebih sehat.

  1. Sesekali bersihkan evaporator AC

Evaporator merupakan salah satunya jalan utama bagi kotoran untuk masuk ke kolong AC mobil. Agar kotoran tidak menumpuk, pastikan Anda membersihkan komponen tersebut secara rutin. Namun karena evaporator cukup rumit dan memerlukan keahlian, Anda wajib berkonsultasi ke ahlinya terlebih dahulu.

  1. Tidak merokok di dalam mobil

Layaknya ruangan ber-AC yang memajang tulisan “No Smoking”, hindarilah aktivitas merokok di dalam mobil. Selain asapnya bisa menyebabkan AC menjadi bau, atap mobil dan jok Anda juga akan mengalami perubahan warna.

  1. Gunakan pengharum mobil

Inilah cara menghilangkan bau mobil yang paling cepat. Dengan menyematkan pengharum mobil, dijamin bau tidak sedap semuanya akan berubah menjadi wangi. Akan tetapi khusus untuk bau yang disebabkan oleh bakteri dari AC, gunakan pengharum mobil yang mengandung senyawa antibakterial.

Bagaimana, mudah kan? Seperti itulah cara menghilangkan bau AC mobilyang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat, wasalam.

Tags: