Pentingnya Mengenalkan Uang Kepada Anak

Pendidikan dan perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh peran orang tua. Begitu juga dengan mengajari anak tentang uang. Ada baiknya orang tua mengajari anak tentang uang sejak dini. Anak-anak perlu tahu bagaimana cara menggunakan uang, darimana mendapatkannya dan bagaimana caranya mengatur anggaran. Mengajari anak tentang uang merupakan hal yang penting agar kelak mereka dapat mengatur keuangannya dengan tepat dan efektif. Berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengajari anak tentang uang.

Image: SemogaBermanfaat.com
  1. Mengatur Anggaran Belanja

Anggaran belanja dibuat untuk mengontrol pengeluaran yang tidak sesuai kebutuhan. Penggunaan anggaran belanja tersebut bisa Anda ajarkan kepada anak sejak dini dengan cara-cara yang sederhana. Misalnya, ketika Anda akan pergi berbelanja ke mall, diskusikan dengan anak barang-barang apa saja yang akan dibeli dan berapa uang yang diperlukan. Jika uangnya sudah habis, maka tidak boleh membeli barang lagi. Jadi harus pandai memilih barang yang dibutuhkan. Tanamkan kebiasaan tersebut sedari dini agar anak terbiasa untuk menerapkan skala prioritas dalam menggunakan uangnya kelak.

  1. Tidak Ada yang Gratis

Anak Anda perlu mengetahui bahwa bila ia menginginkan sesuatu untuk dibeli, maka ia harus merelakan barang lainnya. Jelaskan alasannya dan bagaimana barang itu harus dibayar. Tanamkan konsep penting bahwa tidak ada barang yang gratis. Untuk mendapatkan barang A, anak harus membayar dengan sejumlah uang atau menukarnya dengan barang lain yang sama berharganya.

  1. Hadiah Hanya untuk Acara Tertentu

Anda perlu mengajarkan sejak dini bahwa bila anak Anda menginginkan sesuatu, maka ia harus melakukan sesuatu. Bila anak Anda meminta mainan atau barang lain yang tidak terlalu penting, berikanlah syarat sebelum memberikannya misalnya Anda akan memberikannya bila anak mendapat rangking 1 saat kenaikan kelas atau syarat lain yang memotivasi. Cara ini akan membuat anak sadar bahwa untuk mendapatkan sesuatu ia harus berjuang dan barang yang didapatkannya pun akan lebih dihargai. Anak tidak akan menggampangkan perkara uang yang dapat menyebabkan kebiasaan boros dan sombong.

  1. Memperkenalkan Tabungan

Perkenalkan konsep tentang tabungan dan investasi kepada anak. Ajarkan anak untuk membuat akun tabungan bank sejak dini untuk mengamankan uangnya dari berbagai bahaya dan pentingnya cadangan uang ketika sedang dibutuhkan.

  1. Menggunakan Mesin ATM

Anak-anak tentunya tak jarang mengikuti orang tuanya ketika mengambil uang di mesin ATM. Anak akan melihat orang tuanya memasukkan kartu ke sebuah mesin, menekan beberapa tombol dan menerima uang dari mesin tersebut. Agar tidak terjadi kesalahpahaman pada pemikiran anak, orang tua harus menjelaskan bagaimana cara kerja mesin ATM. Katakan pada anak bahwa bila uang yang sudah dikumpulkan kemudian ditabungkan ke bank, maka uang tersebut dapat diambil melalui mesin ATM. Jadi tidak semua orang bisa mengambil uang di ATM. Hal tersebut dapat membuat anak tertarik untuk menabung.

Tags: