Konsumsi Buah Jeruk di Masa Hamil

Buah jeruk merupakan buah yang sangat popular di daerah tropis dan mudah ditemui dimana-mana. Buah ini juga bukan termasuk buah musiman, jadi buah jeruk hampir selalu ada sepanjang tahun. Buah jeruk ada yang rasanya manis, ada juga yang masam, tapi pastinya sangat segar sehingga banyak orang yang menyukainya, terutama di daerah tropis seperti Indonesia ini. Kandungan vitamin didalam buah jeruk sangat bermanfaat bagi tubuh. Disamping itu, kandungan lain dari buah jeruk juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Image: IbuHamil.web.id

Buah jeruk mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena berperan sebagai antibodi yang berfungsi melawan penyakit. Asam folat juga terkandung didalam buah jeruk. Asam folat merupakan senyawa yang mudah diserap oleh bayi melalui rahim. Asam folat berfungsi untuk membentuk sel-sel baru dalam tubuh sehingga sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi. Jumlah asam folat yang secara alami dalam tubuh kurang mencukupi untuk pertumbuhan bayi, maka dari itu perlu tambahan asupan dari luar tubuh. Kandungan buah jeruk yang lain adalah bioflavonoid yang juga bermanfaat bagi tubuh. Bioflavonoid berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat dan menjaga kekuatan pembuluh darah, serta mengurangi peradangan selama kehamilan. Nah, berikut ini ada beberapa jenis jeruk yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis cukup tinggi dan juga mengandung asam folat. Asam folat sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan janin.
  • Jeruk lemon. Mengonsumsi jeruk lemon selama masa kehamilan akan membantu Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit karena kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Selain itu, konsumsi jeruk lemon yang cukup juga dapat mencegah Anda terserang penyakit influenza. Virus influenza ini sangat sering menyerang wanita hamil.

Jeruk lemon sangat baik untuk mencegah flu

  • Jeruk mandarin. Saat ini jeruk mandarin sudah sangat mudah ditemukan dimanapun. Apakah kandungan jeruk mandarin sehingga membuatnya bermanfaat bagi ibu hamil? Yap. Jeruk mandarin mempunyai kandungan yang bernama bioflavonoid. Bioflavonoid membantu memperkuat jaringan ikat dan pembuluh darah selama kehamilan.
  • Grapefruit. Grapefruit hampir serupa dengan jeruk pada umumnya. Grapefruit memiliki kandungan asam folat yang baik bagi janin dan mencegah terjadinya sembelit.

Kandungan asam folat dalam grapefruit dapat mencegah sembelit

  • Tangelo. Tangelo merupakan salah satu jenis buah jeruk yang memiliki kandungan asam folat dalam kadar yang tinggi. Tingginya kandungan asam folat tersebut membuktikan bahwa Tangelo sangat baik dalam meningkatkan kesehatan otak janin. Disamping itu, kandungan asam folat didalam Tangelo juga berfungsi membantu pembentukan kulit bayi.
  • Kumquat. Buah jeruk jenis kumquat memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibandingkan buah jeruk jenis lain. Kandungan vitamin C yang tinggi pastinya sangat baik untuk membantu dan mendukung perkembangan kesehatan janin dan ibunya.