Cara Memasang Kamera Mundur Pada Mobil

Kamera mundur yang digunakan pada mobil sangat berfungsi. Fungsi dari kamera tersebut terjadi ketika mobil yang anda kendarai hendak parkir. Ketika mobil hendak parkir di tempat parkir, tentu anda juga akan menjalankannya dengan mundur. Oleh sebab itu, keberadaan kamera mundur sangat berfungsi memberikan pantauan terhadap mobil yang anda kendarai terutama pada saat berjalan mundur. Walaupun terkadang anda dapat menggunakan kaca spion yang berada pada mobil ketika berjalan mundur, namun keberadaan kamera mundur dapat memantau sisi belakang mobil anda dengan keadaan di belakang mobil anda dengan sangat jelas tanpa perlu memandang spion. Oleh sebab itu, banyak pengguna mobil yang memasang kamera mundur pada mobilnya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan pada mobilnya.

Image: http://blog.belionderdil.co.id

Untuk memasang kamera mundur tersebut, anda dapat melakukan cara – cara sebagai berikut.

  1. Langkah pertama dalam pemasangan kamera mundur adalah dengan mempersiapkan benda – benda yang dibutuhkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan kamera parkir pada mobil. Anda dapat memilih kamera parkir tersebut yang memiliki braket karena kamera dengan jenis tersebut akan sangat mudah untuk dipasang.
  2. Langkah kedua adalah mengulur kabel dari monitor hingga menuju kamera tersebut. Namun, terkadang kabel yang digunakan untuk menghubungkan kamera tersebut pada monitor memiliki panjang yang kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat menyambung kabel tersebut dengan kabel yang baru. Sementara untuk memasang power pada kamera dan monitor tersebut, anda dapat memasangnya dengan disambungkan pada reserve switch pada mobil tersebut. Hal tersebut diterapkan agar monitor dan kamera yang terpasang dapat menyala secara otomatis pada saat gigi mundur dijalankan. Dengan demikian anda tidak perlu bersusah mengaktifkan kamera mundur terlebih dahulu setelah menjalankan gigi mundur pada mobil.
  3. Langkah ketiga pemasangan tersebut adalah membuka pintu belakang pada mobil yang anda miliki, lantas melepas pengunci yang terletak pada pintu belakang mobil yang mana pengunci tersebut terbuat dari bahan plastik. Setelah itu, anda dapat memasukkan kabel kamera mundur pada pengunci tersebut dari luar mobil. Setelah itu, anda dapat menyambung kabel video dengan monitor. Sementara untuk kabel power pada kamera tersebut dapat mengambilnya dari lampu mundur yang berada pada mobil tersebut.
  4. Langkah selanjutnya adalah anda dapat menempatkan kamera mundur tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Biasanya kamera mundur pada mobil tersebut diletakkan pada bagian atas plat nomor mobil.
  5. Langkah selanjutnya setelah semua terpasang dengan baik, anda dapat memastikan kamera tersebut berfungsi atau tidak dengan cara menyalakan mesin mobil dan menerapkan gigi mundur pada mobil tersebut.
  6. Langkah terakhir adalah melekatkan kamera yang telah terpasang dengan double tape ataupun dengan baut pada tempat dimana kamera tersebut ditempatkan.

Tags: