Fakta Mengenai SBY Susilo Bambang Yudhoyono

Masih ingatkah Anda dengan sosok presiden Indonesia yang ke-6? Bernama lengkap Susilo Bambang Yudhoyono atau lebih sering disebut SBY, sosok berwibawa yang berhasil memimpin Negara Indonesia selama satu dekade. Dari kehidupan beliau, ternyata banyak hal menarik yang belum banyak diketahui masyarakat. Berikut ini fakta menarik mengenai Presiden Indonesia yang ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Image: Zimbio.com
  1. Bernama lengkap Susilo Bambang Yudhoyono. Susilo mempunyai arti “lebih”, Bambang berarti “setia”, Yudhoyono terbentuk dari kata “Yudho” yang berarti “perang” dan “Yono” berarti “menang”. Jadi bila digabungkan, nama tersebut mengandung makna “ksatria setia yang menang perang”. Pemberian nama oleh orangtuanya tersebut, menjadi jalan bagi kehidupannya yaitu sebagai seorang tentara pangkat Pembantu Letnan Satu yang menjabat Komandan Rayon Militer.
  2. Susilo Bambang Yudhoyono merupakan anak tunggal dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah.
  3. Memiliki garis keturunan darah biru, sebagai keturunan bangsawan Jawa yang mengalir dari dua arah, berujung pada Majapahit dan Sultan Hamengkubuwono II. Kakek dari pihak ayah yang bernama R. Imam Badjuri adalah anak dari Kasanpuro (Naib Arjosari II – darah biru Majapahit) dan RM Kustilah (keturunan kelima trah Sultan Hamengkubuwono II bernama asli RA Srenggono). Ibunda SBY adalah putri salah satu pendiri Pesantren Tremas di kota kecil, Pacitan. Dengan demikian, SBY berasal dari keluarga priyayi dan santri.
  4. Mempunyai istri bernama Kristiani Herawati, yang biasa dipanggil Ani Yudhoyono. Ibu Negara ini merupakan putri ketiga Jendral Sarwo Edhi. SBY dan Ani Yudhoyono menikah pada tanggal 30 Juli 1976.
  5. Mempunyai dua orang putra, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti jejak dan prestasi SBY, lulus dari Akmil tahun 2000 dengan meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa, sedangkan Edhie Baskoro Yudhoyono merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara Magelang yang kemudian menekuni ilmu ekonomi.
  6. SBY adalah sosok yang mempunyai jiwa seni, terutama dalam bernyanyi dan bermusik. Saat remaja, beliau sempat bergabung dengan grupband di kampungnya, Gaya Taruna yang sering memainkan lagu Beatles. Posisinya di Bassist dan vocal. Setelah menjadi presiden pun, SBY menciptakan 3 album lagu, yaitu “Rinduku Padamu” (2006), “Majulah Negeriku” (2007) dan “Evolusi” (2009).
  7. Setelah lulus SMA, beliau melanjutkan kuliah di ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya. Namun, setelah masa orientasi beliau keluar dan masuk Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama di Malang. Setahun kemudian, SBY melanjutkan impiannya di AKABRI pada tahun 1969. Sejak masuk AKABRI, beliau memperolah 7 Bintang Penghargaan. Puncaknya ketika Presiden Soeharto menyematkan Bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik AKABRI tahun 1973.
  8. Presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat melalui Pemilu Presiden tanggal 20 September 2004, yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla.
  9. Pernah menjabat Menteri Pertambangan dan Energi dan Menkopolsoskam pada pemerintahan Gusdur, serta Menpolkam pada masa Megawati.
  10. SBY berada pada urutan ke-9 pemimpin berpengaruh di dunia kategori Pemimpin dan Revolusioner tahun 2009 versi Majalah Time.

Tags: