Jenis Mie dan Hidangannya

Karena kepopulerannya, mie sudah seperti makanan pokok selain nasi di Indonesia. Mie sifatnya sangat fleksibel, bisa dimasak dalam berbagai macam masakan. Jenis mie yang sering dijumpai di pasaran adalah mie kuning, mie keriting, bihun dan mie instan. Pada umumnya mie dimasak dengan cara di rebus maupun di goreng. Bila dijabarkan lebih luas, di Asia saja mie dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis seperti :

  1. Cellophane noodles
Image: Wikipedia

Cellophane noodles biasa kita sebut mie soun. Mie jenis ini dibuat dari tepung kacang hijau dan tepung kentang. Cellophane noodles biasanya dijual dalam bentuk kering, sehingga sebelum dibuat perlu direndam terlebih dahulu.

  1. Mie Telur
Image: Resep Masakan Indonesia

Mie jenis ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur. Mie telur juga dijual dalam bentuk kering.

  1. Ramen
Image: GoodFood.com.au

Mie ramen atau biasa disebut mie kriting cina. Mie ramen terbuat dari gandum dan dijual dalam kondisi kering dibungkus seperti mie instan.

  1. Rice Stick noodles
Image: Fuss Free Cooking

Rice Stick noodles sangat populer di Indonesia. Orang Indonesia menyebut mie ini dengan nama kwetiau. Bahan dasar untuk membuat mie ini adalah tepung beras.

  1. Soba noodles
Image: This Savory Vegan

Soba noodles dikenal dengan sebutan mie jepang. Mie jenis ini warnanya sedikit hijau tua karena mengandung teh hijau.

Beberapa hidangan mie yang banyak beredar di Indonesia yang sangat lezat dan patut dicoba adalah bakmi jowo dan mie Aceh :

Bakmie jowo termasuk salah satu makanan khas Kota Semarang. Namun begitu, banyak sekali pengusaha kuliner yang berjualan Bakmi Jowo di berbagai daerah, khususnya di Jawa Tengah. Mie yang digunakan untuk membuat bakmie jowo adalah jenis mie kuning, ada juga yang dicampur dengan menggunakan bihun. Rasa bakmie jowo cenderung agak manis, karena dicampur dengan kecap. Yang membuat khas adalah cara memasaknya. Bakmie Jowo asli untuk memasaknya menggunakan tungku dan arang. Dengan demikian rasa yang dihasilkan sangat kuat dan khas. Belom lagi di tambah dengan sate daging ayam yang dibakar di atas arang dikasih kecap. Sangat cocok saat malam hari atau saat musim penghujan.

Mie Aceh Sudah tidak diragukan lagi tentang kepopuleran rasa mie khas kota serambi mekah ini. Mie Aceh sebenarnya hampir mirip dengan mie goreng pada umumnya. Jenis mie yang digunakan dalam pembuatan mie Aceh adalah mie kuning besar. Bumbu mie Aceh kaya akan rempah – rempah, sehingga bila perpaduan bumbu dan rempah – rempahnya pas akan menghasilkan masakan mie yang sangat menggoda selera. Konon katanya, rempah – rempah yang digunakan untuk membuat bumbu mie Aceh hingga 30 ragam. Bisa dibayangkan rasa yang dihasilkan kuah mie yang kental pasti sangat lezat dan bisa menghangatkan tubuh.

Tags: