Perencanaan dan Tata Ruang Halaman Rumah

Jika Anda memiliki luas tanah yang cukup untuk rumah dengan sebuah halaman, tentu ruang tersebut sangat sayang untuk ditelantarkan begitu saja. Halaman tersebut dapat Anda tata sehingga tercipta taman yang menambah keindahan, bahkan kesejukan rumah Anda. Merancang halaman depan atau halaman belakang rumah memerlukan komposisi tumbuhan dan aksesoris taman yang tepat. Anda dapat berkebun sendiri atau menyewa seorang arsitek lansekap untuk merancang tata ruang taman baru Anda. Tetapi Anda perlu mengetahui apa perbedaan tata ruang halaman depan dan halaman belakang.

Image: DesainRumahMini.com

Tata Ruang Halaman Depan

Bagian paling penting dari sebuah halaman depan adalah jalan kecil yang membelah taman Anda. Jalan ini biasanya terbuat dari jajaran batu dengan semen atau paving. Penting untuk mempertimbangkan pembuatannya sehingga dapat konsisten dengan gaya rumah Anda. Selain sebagai pengantar kaki Anda ke beranda atau pintu rumah, adanya jalan kecil ini akan mengurangi risiko rusaknya rumput hijau Anda karena terinjak-injak.

Image: Renovasi-Rumah.net

Jika Anda sangat suka berkebun, berilah rumput Anda teman seperti rumpun bunga atau tanaman hias dengan daun yang berwarna-warni. Sebaliknya, jika Anda bukan tipe orang yang suka berkebun maka tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan seperti perdu, semak-semak, atau sukulen dapat Anda jadikan pilihan sebagai penghuni taman Anda. Sebagai aksesoris pemanis, cukup tambahkan pagar kayu, lajur kerikil, kolam atau sentuhan air lainnya.

Tata Ruang Halaman Belakang

Untuk tata ruang halaman belakang, Anda memiliki lebih banyak pilihan karena biasanya lebih luas daripada halaman depan. Halaman belakang dapat berfungsi sebagai tempat untuk menghabiskan waktu luang, sehingga Anda bisa saja menambahkan meja makan, tempat relaksasi yang terbuka, arena bermain, atau tempat duduk untuk bersantai. Sekali lagi, jika Anda suka berkebun, mencoba membuat taman bunga atau kebun sayur di halaman belakang rumah Anda adalah sebuah ide yang bagus.

Image: MSN.com

Setelah tata ruang halaman diselesaikan, berikutnya adalah mempercantik tampilan dengan aksesoris taman. Bangku berpayung, kursi malas atau sofa menjadi tempat yang sangat cocok untuk meditasi atau membaca. Dapur luar ruangan, panggangan barbeque, perapian, serta kolam renang adalah segala yang Anda butuhkan untuk sebuah rumah pesta. Bagaimanapun, dalam merencanakan tata ruang halaman belakang rumah Anda harus memikirkan tentang selera keluarga Anda karena mereka adalah orang-orang yang akan paling sering menggunakan halaman belakang. Halaman belakang lebih menyenangkan bila diisi dengan hal-hal penunjang hobi anggota keluarga Anda sehingga mereka betah di rumah.

Ingat bahwa halaman belakang dan halaman depan merupakan entitas yang terpisah dan dibuat untuk tujuan yang berbeda sehingga Anda perlu untuk merencanakan dan menatanya dengan berbeda pula. Sudahkah terbersit bunga apa yang ingin Anda tanam di taman baru Anda? Selamat berkebun!