Tips Manajemen Keuangan Mudah

Banyak orang yang kerap kali menganggap bahwa mengatur keuangan adalah hal yang sangat sulit. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang mengalami defisit pada keuangannya. Dengan pendapatan yang cukup, namun pada akhirnya tetap saja tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi. Hal ini dikarenakan tata cara dalam menabung dan membelanjakan yang tidak seimbang.

Image: SemogaBermanfaat.com

Tak seperti yang dipikirkan kebanyakan orang, mengatur keuangan ternyata merupakan hal yang relatif mudah. Faktor yang cukup sulit adalah mengatur tingkat kedisiplinan kita dalam mengelola uang tersebut. Banyak sekali hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang ketika mengatur keuangannya. Ketidakpedulian terhadap hal-hal ini mengakibatkan manajemen keuangan yang sangat kurang bagus. Ada beberapa manajemen keuangan yang sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, antara lain:

Sebagian orang menganggap bahwa hutang merupakan sesuatu yang sangat wajar dilakukan ketika kita sedang kekurangan biaya. Namun hal tersebut sebenarnya merupakan tanda yang menunjukkan bahwa kita kesulitan dalam mengelola keuangan kita sehingga kita perlu untuk meminjam uang demi menutup kebutuhan. Hutang seringkali diabaikan padahal dapat membengkak jumlahnya jika tidak diimbangi dengan pembayarannya. Maka, tekankan pada diri Anda untuk tidak berhutang. Tahan keinginan untuk membeli barang-barang yang belum diperlukan. Jika Anda terpaksa berhutang, segeralah melunasi saat keuangan Anda kembali normal agar tidak membengkak dan pada akhirnya memberatkan Anda sendiri.

Menabung sebenarnya sangat dianjurkan untuk memperkuat keuangan kita. Namun seringkali kita menabung hanya pada akhir bulan atau menunggu sisa uang setelah semua pengeluaran. Padahal kemungkinan besar penghasilan kita hanya menyisakan sedikit uang pada akhir bulan untuk ditabung. Sangat disarankan untuk menyisihkan uang untuk ditabung setelah menerima gaji untuk menghindari sisa uang yang hanya tinggal sedikit dan akhirnya tidak jadi menabung. Tidak harus ke bank, menabung juga dapat dilakukan dengan memasukkan uang ke dalam kotak atau celengan. Jika kegiatan menabung ini rutin dilakukan, meskipun hanya lima ribu saja, tentu uang Anda akan terkumpul dalam jumlah yang lumayan.

Gagal dalam menyusun prioritas pengeluaran menjadi hal yang membuat manajemen keuangan menjadi kurang baik. Seringkali kita memiliki keinginan untuk membeli berbagai macam barang yang sebenarnya belum begitu diperlukan. Dengan demikian pengeluaran kita akan bertambah untuk suatu barang yang belum tentu digunakan pada masa kini. Prioritas pengeluaran merupakan hal yang paling sulit untuk dikelola. Sangat disarankan untuk membeli barang – barang yang menjadi kebutuhan pada saat ini terlebih dulu.

Seringkali kita lupa atau malas untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran kita sehingga kita tidak menyadari bahwa pengeluaran ternyata telah melampaui pendapatan kita tiap bulannya. Kita harus mulai mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran untuk mengetahui aliran uang kita. Setidaknya, catat pengeluaran berjumlah besar sehingga Anda dapat melakukan perkiaan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengembalikan siklus normal keuangan Anda.

Tags: