Permasalahan Umum Kesehatan Anak di Usia Sekolah Dasar

Image Source:Popmama.com

Tentunya bagi anda semua sebagai orang tua/guru pasti menginginkan anak anda tetap sehat dan selalu dalam kondisi yang baik di usianya yang dini. Permasalahan umum kesehatan anak diusia sekolah dasar ini menjadi perhatian khusus yang sangat penting. Meskipun sekarang imunisasi telah menjadi persyaratan dalam sekolah dasar telah diberlakukan. Walaupun demikian masih tetap saja ada anak yang mengalami/menderita penyakit yang berbahaya (medis kronis) dan penyakit kesehatan lainnya yang bahkan tidak jarang juga hingga menyebabkan kematian pada anak usia sekolah.

Permasalahan medis atau kondisi medis akut. Ini adalah kondisi yang bersifat sporadic yang sifatnya berjangka pendek. Alergi dan infeksi merupakan hal yang umum karena kuman pembawa virus yang berterbangan di udara di antara anak-anak di lingkungan sekolah menjadi penyebabnya. Penyakit pernafasan atas, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan gangguan emosional transistoris meningkat seiring dengan bertumbuhnya  masa pubertas anak

Kondisi medis kronis pada kondisi fisik juga menjadi faktor penyebab pada perkembangan perilaku/emosional anak. Biasanya anak yang demikian adalah anak yang tinggal dengan orang tua tunggal yang cenderung memiliki kondisi kronis. Kemiskinan atau kurang mendapatkan perawatan kesehatan dan perhatian dari orang tua sebagai pengawas kesehatan anak juga menjadi salah satu penyebab datangnya kondisi seperti ini. Bukan hal aneh lagi dalam kasus ini sering kali orang tua menyepelekan atau tidak mengetahui gejala-gejala penyakit yang di alami oleh anak karena tidak semua orang tua menyadari betapa pentingnya perhatian kepada kesehatan anak pada usia dini

Sangatlah penting bagi orang tua /guru sebagai wali di sekolah untuk ikut memperhatikan masalah kesehatan yang sering kali di alami oleh anak pada usia sekolah dasar. Masalah-masalah kesehatan anak yang sering dialami diantaranya sebagai berikut :

  1. Gangguan pernafasan yang sering di alami anak adalah sesak nafas atau asma, penyakit yang di sebabkan karena alergi udara di lingkungan padat penduduk ini  kerap sekali menjadi momok  yang menakutkan kerap sekali terjadi di lingkungan sekolah yang berada di perkotaan karena udara yang sudah dipenuhi polusi gas karbondioksida maupun gas karbionmonoksida yang sangat berbahaya  , menurut informasi  penyakit pernafasan atau asma ini memiliki akibat yang fatal bagi si penderita yang di tandai dengan batuk batuk mendadak,kesulitan dalam pernafasan  dan kehilangan kesetabilan kekebalan tubuh saat terjadi penyumbatan system pernafasan atau ledakan asma .
  2. Gangguan pencernaan atau diare sering kali diderita oleh anak usia sekolah. Hal ini karena kurangnya kesadaran anak saat mengkonsumsi makanan yang dibeli di luar sekolah maupun di dalam sekolah. Pada umumnya mereka tidak mengetahui makanan mana yang higenis untuk di kosumsi dan banyak sekali makanan yang dijual di lingkungan sekolah atau luar sekolah yang tidak memenuhi setandar kesehatan bagi anak, sehingga menyebabkan penyakit saat di konsumsi.
  3. Gangguan alergi pada kulit/gatal-gatal. Gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh anak yang disebabkan oleh kuman-kuman berbahaya karena kurang kedisiplinan anak saat bermain di tempat kotor. Sangat perlu bagi orang tua untuk memperhatikan tempat bermain anak agar tidak terserang penyakit kulit ini.

Perlu kita sadari kesehatan di lingkungan luar sekolah atau di dalam lingkungan sekolah sangatlah penting di perhatikan oleh kedua orang tua yang bertanggung jawab menjaga kesehatan anak saat berada di rumah. Guru juga harus memperhatikan kesehatan anak didiknya saat mereka berada di dalam sekolah. Karena bukan tidak mungkin jika anak terjaga di dalam lingkungan sekolah kadang malah di lingkungan luar sekolah yang menjadi tanggung jawab dari orang tua sering kali terabaikan. Himbauanya adalah kita semua harus saling menjaga kesehatan anak di usia sekolah dasar karena pada dasarnya mereka adalah anak yang belum banyak mengetahui apa saja yang menjadi  masalah untuk kesehatanya.

Tags: