DP FishingMart Ajak Mitra Memancing Laba

Berinvestasi di bidang usaha yang berbasis hobi memancing tentu memberi kesenangan tersendiri. Meskipun demikian bagi yang kurang memahami dunia memancing tak perlu ragu menanamkan modal. Fasilitas yang disediakan DP FishingMart akan memudahkan Anda membuka gerai alat pancing Anda sendiri.

Melakoni hobi secara serius dan bukan lagi sekadar pengisi waktu luang menunjukkan tingkat kemapanan ekonomi seseorang. Keseriusan menekuni hobi tak jarang pula berujung bisnis. Artinya banyak pebisnis yang mulai menekuni bidang usaha tertentu berdasarkan hobinya masing-masing.

Fenomena tersebut diapresiasi dengan baikoleh sebuah gerai khusus yang menyediakan peralatan untuk mereka yang hobi memancing. Bernama PT Dunia Pancing Indonesia yang membuka peluang usaha dalam bentuk kemitraan dengan brand DP FishingMart. Kemitraan tersebut diluncurkan lantaran banyaknya pelanggan DP FishingMart yang tertarik untuk membuka usaha gerai alat pancing. Ditambah lagi kehadiran sebuah program acara memancing di stasiun televisi nasional yang menayangkan seluk beluk dunia memancing. Sekitar 80% acara memancing di televisi tersebut  memberi pengaruh terhadap penjualan alat-alat  pancing. Setidaknya tren ini ikut menggeliatkan bisnis alat-alat pancing.

“Kami melihat sekarang penghobi memancing mulai tumbuh banyak didukung dengan tempat-tempat memancing seperti empang, kolam dan fasilitas memancing di laut yang kian terorganisir. Lalu program acara memancing di televisicukup mendongkrak minat memancing yang berimbas pada usaha gerai alat pancing yang makin bergairah. Dengan pertimbangan itulah kami mencoba menghadirkan sebuah peluang usaha bagi mereka yang tertarik  untuk menekuni bisnis alat-alat pancing ini,” jabar Zhoohirin selaku Marketing Officer DP FishingMart.

Di tengah membanjirnya bisnis berbasis hobi, kemitraan gerai alat pancing dari DP FishingMart dirasa cukup lumayan. Pasalnya calon mitra atau pebisnis pemula tidak perlu repot memulai dari nol apalagi bagi mereka yang belum mengenal betul seluk beluk dunia memancing. Pihak DP FishingMart akan memastikan calon mitra dibekali ilmu tentang bisnis alat pancing sampai ngelotok. Lewat training awal dan berkala sampai saat gerai sudah running mitra akan terus didampingi. “Kami  punya fasilitas pelatihan bagi calon mitra yang tidak memiliki latar belakang atau wawasan tentang dunia memancing. Dari fasilitas itu calon mitra yang tidak paham sama sekali akan dibantu sampai mengenal betul peta bisnis alat-alat pancing,” lanjut Zhoohirin.

Selain itu mitra tidak dibebani biaya macam-macam dengan tujuan agar mitra fokus pada perolehan omzet bulanan dari penjualan alat-alat pancing. Di sini calon mitra tidak dibebani biaya seperti biaya royalty, franchise fee dan biaya perpanjangan masa kerja sama. Mitra hanya diwajibkan mengorder  produk hanya dari DP FishingMart  yakni  tiga merek wajib yang diproduksi sendiri oleh PT Dunia Pancing Indonesia, Maguro, Ka’izen dan Pro Katsu. Mitra juga tidak diperkenankan menjual merek lain yang tidak dikonfirmasi dan disetujui lebih dulu oleh DP FishingMart. “Kami tidak membebankan mitra dengan biaya ini itu agar mitra meraih keuntungan maksimal. Kami hanya mewajibkan  mitra mengorder produk hanya pada kami dengan merek yang telah ditentukan. Kalau pun nanti diizinkan menjual merek lain pada gerai mitra itu pun dibatasi hanya boleh 20% nya saja dari keseluruhan produk,” papar Zhoohirin.

Kendati aturan main tidak ketat namun pihak DP FishingMart  juga tidak ingin mitra terlalu menganggap remeh bisnis ini. Mitra tetap harus mengikuti semacam panduan dalam bentuk modul seperti SOP yang nantinya akan membantu mitra sendiri untuk mencapai target. Selain itu pihak DP FishingMart akan melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala ke seluruh gerai secara rutin setiap 1-2 bulan sekali untuk gerai wilayah Jabodetabek dan 6 bulan atau 1 tahun sekali untuk gerai wilayah luar Jabodetabek. “Pemantauan juga bisa dilakukan melalui sambungan telepon atau internet  jika tidak memungkinkan untuk mendatangi gerai langsung,” ujar Zhoohirin.

Paket investasi yang disediakan tidak memiliki perbedaan fasilitas artinya dari tiga pilihan paket investasi yakni paket Rp30 juta, Rp60 juta dan Rp100 juta mendapatkan fasilitas yang sama. Ketiga paket tersebut hanya berbeda dari jumlah modal untuk stok awal produk. DP FishingMart membuat paket hanya untuk pembelian awal produk alat-alat pancing berikut aksesorisnya serta kelengkapan gerai seperti display produk dan rak joran. Nilai investasi tersebut belum termasuk sewa atau beli lokasi gerai. Pihak DP FishingMart memberi keleluasaan bagi calon mitra untuk memilih sendiri lokasi strategis yang diinginkan. “Untuk lokasi gerai diserahkan kepada mitra untuk memilih kami hanya memberi saran dan rekomendasi yang terbaik agar menghasilkan  efek positif terhadap penjualan produk nantinya,” tambah Zhoohirin.

Ia menganjurkan agar mitra menyediakan ruang setidaknya berukuran 2 x 3 m2sebagai space ideal untuk menempatkan produk tanpa memberi kesan terlalu padat.  Mitra juga boleh memilih jenis alat pancing yang akan dijual di gerai saat stok awal sesuai nilai investasinya dan melakukan order rutin selanjutnya tanpa ada minimal order atau ketentuan khusus memilih jenis produk. Namun pihak DP FishingMart tetap merekomendasikan kepada mitra untuk menjual produk sesuai kebutuhan pasar di sekitar gerai. “Misalnya gerai terletak tak jauh dari pantai tentu kami menyarankan untuk memperbanyak jenis alat pancing untuk di laut atau lokasi dekat dengan kolam pemancingan atau empang tentu joran yang cocok adalah joran untuk kolam pancing,” kata Zhoohirin.

Tags: