Apa Isi Kotak Peralatan di Mobil Anda

image Source: metrotvnews.com

Jika Anda ingin melakukan sendiri perawatan dan perbaikan mobil, Anda akan memerlukan sebuah kotak peralatan untuk menjaga alat-alat bengkel Anda tetap bersih, berkondisi baik, dan terkumpul dalam satu tempat agar tidak tercecer. Carilah kotak peralatan plastik yang ringan dan mudah dimasukkan ke bagasi mobil. Berikut ini adalah alat bengkel standar yang harus ada dalam kotak peralatan ada.

  1. Obeng

Berfungsi untuk melepas atau memasang sekrup. Secara umum, ada dua jenis obeng yaitu obeng pipih dan obeng kembang. Kedua obeng ini digunakan pada dua jenis sekrup yang berbeda pula, sesuai dengan bentuk kepalanya.

  1. Kunci Inggris

Kunci pas mungkin merupakan alat paling dasar untuk perbaikan mobil. Kebanyakan kunci pas tersedia dalam dua standar – SAE (Society of Automotive Engineers) dan pengukuran metrik. Kebanyakan mobil saat ini menggunakan mur dan baut metrik – bahkan berbasis inci dalam Inggris.

  1. Kunci Inggris kombinasi

Kunci pas kombinasi memiliki satu ujung terbuka dan satu ujung berbentuk kotak. Kunci pas ini disediakan dalam satu set dengan beberapa ukuran, dan masing-masing kunci pas dibuat agar sesuai mur ukuran tertentu yang Anda gunakan.

  1. Kunci momen

Kunci momen dirancang untuk mengencangkan mur, baut, atau sekrup ke tingkat yang tepat untuk menghindari kendur atau terlalu ketat.

  1. Ekstender kunci

Ekstender kunci adalah alat yang tidak dapat disingkirkan begitu saja. Alat ini membantu Anda meraih mur dan baut di tempat yang hampir tidak terjangkau dengan memberi tambahan pegangan pada kunci Inggris.

  1. Kunci pas

Alat ini berbentuk seperti kunci Inggris tapi dengan rahang yang dapat disesuaikan dengan berbagai mur dan baut hanya dengan memutar sekrupnya.

Kunci pas yang dapat disesuaikan dengan mur dan baut.

  1. Kunci busi

Kunci busi berfungsi untuk memasang atau mengencangkan atau melepas dan mengendurkan busi kendaraan. Kunci ini dibuat khusus karena biasanya busi tidak dapat dijangkau dengan menggunakan kunci lain.

  1. Tang

Jenis tang yang paling bagus adalah tang kombinasi. Anda dapat menyesuaikan alat serbaguna ini hingga kelebaran tertentu dengan menggeser pinnya.

  1. Pengukur tekanan ban

Jika Anda tidak pernah memeriksa kendaraan Anda, buatlah kebiasaan rutin untuk sekedar memeriksa tekanan ban. Hal ini penting, baik untuk keselamatan dan hemat bahan bakar.

  1. Pengukur kompresi

Alat pengukur kompresi digunakan untuk memeriksa tekanan pada masing-masing silinder saat mesin sedang berjalan.

Selain peralatan dasar ini, Anda mungkin memerlukan pencahayaan atau lampu yang berfungsi dengan baik. Lampu neon dapat menarik daya dari baterai mobil atau pemantik rokok. Anda juga dapat mencolokkannya ke soket dinding. Lampu ini juga disertai dengan baterai yang dapat diganti, seperti senter. Dan jika mobil Anda belum dilengkapi dongkrak, pastikan Anda segera memasukkannya!

Tags: