Berbagai Jenis Soto Dan Daerahnya

Soto, merupakan makanan khas Indonesia yang khas dengan rempah-rempah didalamnya. Ternyata soto di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis yang beragam sesuai dengan daerahnya. Berikut ulasannya.

Soto Kudus

ciri khas Soto Kudus adalah aksen rasa manis dan gurih. Yang unik adalah cara penyajian yang menggunakan mangkok kecil, diberi tambahan kol dan tauge. Soto Kudus bisa berisi daging ayam, maupun daging kerbau, dan dilengkapi dengan suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri, dan bawang putih goreng.

Soto Lamongan

Berasal dari Jawa Timur, Soto Lamongan menjadi satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya. Soto ini dsajikan tanpa santan, namun tetap saja merasa nikmat jika memakannya. Soto Lamongan biasanya menggunakan ayam kampung, karena ayam jenis ini membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau.

Soto Medan

Soto Medan lezat dengan kuah santan dan disajikan plus perkedel kentang yang kaya akan rempahnya. Dilengkapi bumbu jinten untuk penyedap selera, serta dengan emping, kentang, telur, tomat dan bawang merah goreng untuk penyajiannya.

Soto Bancar

Asli dari Purbalingga-Jawa Tengah, Soto Bancar mengadopsi cita rasa masyakarat Banyumasan yang menyukai manis. Cirri khas soto Bancar menggunakan bumbu kacang untuk menambah gurih kaldunya. Tak hanya daging, soto ini juga menggunakan wortel rebus, daun bawang, tauge, serta bawang merah goreng.

Soto Padang

Racikan Minang ini sangat harum, bihun sangat pas dibanjiri kuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering. Kuahnya dihasilkan dari campuran cuka sehingga menghadirkan rasa kecut asam dan manis. Daging dan kuah soto tersebut dicampur bumbu rempah-rempah seperti daun jeruk, serai, jahe dan daun bawang. Tidak ketinggalan, disajikan dengan perkedel.

Soto Madura

Soto Madura berbeda dengan soto-soto lainnya yaitu pada penggunaan babat, usus, dan paru sapi yang menyempurnakan rasa gurih dari makanan berkuah ini. Soto ini juga memiliki campuran yang lebih banyak dibanding soto lainnya, seperti soun/bihun, irisan kol, toge, telur rebus, dan ayam.

Soto Betawi

Soto Betawi terkenal dengan kuah santannya dan susunya yang gurih. Soto ini juga dilengkapi dengan irisan daging yang empuk, paru yang garing renyah, sambal, emping dan acar timun. Kuahnya menebarkan aroma pala, cengkih dan kapulaga yang semerbak.

Soto Makassar

Spesial dari Sulawesi Selatan, Soto Makassar atau yang biasa disebut Coto Makassar ini khas dengan usus, hati, otak, daging sapi atau kuda. Dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan bersama ketupat.

Soto Bandung

Soto Bandung berkuah putih dan menambahkan Lobak putih yang menjadi ciri khas kuatnya. Selain Lobak, soto ini juga dilengkapi tomat, seledri, dan keledai goreng, bisa juga dihidangkan bersama perkedel kentang maupun perkedel singkong, tempe, kerupuk dan jeruk nipis.