Cara Menghilangkan Bau Badan Karena Keringat Berlebih

Bau badan menjadi aktor yang mempengaruhi kepercayaan diri pada manusia, karena orang yang seringkali mengalami permasalah bau badan, akan merasa malu jika sedang berada di dekat orang lain. Oleh sebab itu cara menghilangkan bau badan menjadi satu hal yang paling di cari oleh kebanyakan orang.

Bau badan sendiri merupakan bau yang tidak sedap dikarenakan baketri-bakteri yang timbul dibagian ketiak yang biasanya disebabkan oleh keringat. Ornag yang mengalami permasalah keringat berlebih, lebih mudah mengalami permasalahan bau badan tersebut. Tentunya hal tersebut akan sangat menggangu ditengah-tengah aktifitas atau rutinitas yang menuntut kita untuk bersosialisasi dengan orang banyak.

Untuk lebih jelasnya mengapa manusia seringkali mengalami permasalahan bau badan, adalah keringat yang diproduksi tubuh bercampur dengan bakteri. Nah keringat yan dikelurakan mengandung dua jenis kelenjar yaitu kelenjar accrine dan jua kelenjar apocrine. Untuk kelenjar accrine adalah kelenjar yang seringkali keluar pada bagian telapak tangan, punggung, dan bagian tubuh lainnya yang tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Sedangkan kelenjar yang satunya yaitu apocrine keluar pada tempat yang seringali ditumbuhi oleh rambut. Pada saat masa puber kelenjar tersebut akan mengalami produksi yang meningkat, dan jika bercampur dengan bakteri, akan berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap. Lalu bagaiamana cara menghilangkan bau badan dikarenakan keringat berlebih tersebut?

1. Mandi Secara Teratur

Yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan bau badan, adalah dengan cara membersihkan diri atau mandi secara teratur. Harus kita akui, untuk orang yang jarang mandi, akan berpotensi lebih besar mengalami permasalahan bau badan dikarenakan bakteri dan keringat yang menempel. Oleh sebab itu dengan mandi secara teratur minimal 2 kali sehari, akan membersihkan keringat dan bakteri yang mampu menimbulkan bau badan.

2. Menggunakan Deodorant atau Antiperspirant

Kedua produk ini memang memiliki fungsi yang sama yaitu menjauhkan kita dari bau badan. Biasanya produk inidipakai pada bagian-bagian tertentu yang memproduki kelenjar apocrine dan akan menghambat produksi kelenjar apocrineini secara berlebihan. Tetapi ada baiknya jangan terlalu sering menggunakan Deodorant atau Antiperspirant tersebut.

3. Konsumsi Buah Dan Sayuran

Banyak yang mengatakan kalau kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah dan sayuran, dapat mengurangi bau badan pada tubuh. Beberapa buah yang seringali dikonsumsi untuk mengurangi bau badan adalah apel, jeruk, melon, dan juga pisang.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Penyebab Bau

Beberapa makanan ternyata dapat menyebabkan bau badan. Biasanya makanan tersebut adalah makanan yang memiliki bau tidak sedap atau menyengat juga. Diantaranya adalah bawang merah dan bawang putih, hingga alkohol dan juga kafein. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau badan tersebut.

5. Menggunakan Pakaian Yang Tepat

Menggunakan pakaia yang tepat dan nyaman di pakai pada tubuh, juga mampu mengurani produksi keringat pada tubuh. Contohnya adalah pakaian dengan berbahan katun, yang mampu membuat keringat ketika menguap secara sendirinya. Hindari pemakaian pakaian yang sempit pada tubuh, serta dengan berbahan sintetis atau polyester.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bau badan dimana cara tersebut dapat mengurangi produksi keringat pada tubuh dan juga mengurani resiko keringat yang keluar memiliki bau tidak sedap. Pada artikel selanjutnya, akan kami berikan informasi cara alami menghilangkan bau badan menggunakan bahan-bahan lami yang seringkali terdapat di sekeliling anda.

Agar anda terlihat lebih menarik didepan orang lain, ad abaiknya anda juga mengetahui cara memutihkan gigi secara alami agar anda apun semakin percaya diri tampil di depan orang lain.

Tags: