Daur Ulang Bohlam Lampu

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energy, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Jadi, intinya dengan daur ulang, barang yang sudah tidak terpakai bisa berguna lagi atau bahkan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Nah, kali ini akan dibahas bagaimana cara mendaur ulang bohlam lampu yang sudah tidak terpakai. Tentu semua sudah tahu kan dengan bentuk bohlam lampu? Bentuknya yang unik ini ternyata bisa menghasilkan sesuatu barang baru yang mempunyai nilai tinggi. Di bawah ini akan disajikan berbagai  daur ulang bohlam lampu.

  1. Bohlam lampu bisa dijadikan vas bunga

Cara mengubah bohlam lampu menjadi vas bungan dengan melubangi bagian metalnya, dan mengeluarkan isinya, kemudian isi bohlam dengan air dan tanaman. Apabila ingin menjadikan vas bunga gantung, bohlam yang sudah dikeluarkan isinya, diikat dengan kawat dan gantung ditempat yang diinginkan. Isi air dan tanaman mini yang cantik.

  1. Kerajinan kapal dalam bohlam

Jika selama ini miniatur kapal sering dimasukkan dalam botol, maka kali ini miniatur kapal bisa dimasukkan ke dalam bohlam lampu. Caranya keluarkan isi bohlam, kemudian isi dengan pasir hias. Dan masukkan miniatur kapal kecil. Jadilah bohlam miniatur.

  1. Bohlam lampu untuk terrarium

Siapa sangka bohlam lampu bisa menjadi terrarium yang unik dan menarik. Cukup dengan memotong ujung bohlam yang sudah tidak terpakai dan mengeluarkan isinya, kemudian merapikan ujung-ujungnya agar tidak melukai tangan. Setelah itu, masukkan kerikil kecil, lumut kering

  1. Bohlam lampu menjadi akuarium mini

Ternyata bohlam lampu bisa juga menjadi akuarium mini yang cantik. Keluarkan inti bohlam dan isi dengan air. Kemudian, masukkan ikan hias yang kecil, dan dudukkan di tempat yang stabil.

  1. Bohlam lampu menjadi hiasan lampu warna-warni

Ambil beberapa bohlam yang tidak terpakai dan buat dudukan memanjang. Semprot permukaan bohlam dengan cat warna putih, lalu lapisi dengan warna yang diinginkan. Bisa juga ditambah gliter atau glossy ke bohlam.

  1. Bohlam lampu digunakan untuk lilin.

Yang tak kalah menarik, bohlam juga bisa menjadi lilin yang cantik. Keluarkan inti bohlam dan bersihkan bagian dalam hingga transparan. Buat dudukan untuk bohlam, dan isi bohlam dengan minyak jangan lupa diberi sumbu.

  1. Bohlam lampu dijadikan tempat bumbu dapur.

Selain menjadi lilin, ternyata bohlam bisa dijadikan tempat bumbu dapur seperti garam dan lada. Caranya keluarkan inti bohlam, bersihkan. Buat dudukan untuk bohlam, dan langsung bisa dijadikan tempat untuk garam atau lada.

Bagaimana dengan daur ulang di atas? Menarik bukan? Dari bohlam yang biasa dibuang ternyata bisa menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Silakan dicoba, siapa tahu itu bisa menjadi sumber pundi-pundi bagi Anda.