Meja Makan Cantik untuk Acara Anda

Menata meja makan meliputi pemilihan taplak meja, alas makan, serbet dan table runner (taplak meja panjang yang melintas di tengah meja makan). Dekorasi meja ini biasanya terbuat dari berjenis-jenis variasi kain dan tersedia dalam bermacam ukuran dan warna. Dekorasi meja yang lengkap dapat kita jumpai dalam acara-acara formal, seperti di pernikahan atau makan malam dikala Natal atau Thanksgiving. Tapi bukan berarti juga penataan dekorasi seperti ini tidak dapat Anda lakukan di rumah untuk keluarga Anda di setiap harinya. Berikut ini beberapa tips menyesuaikan taplak untuk meja makan Anda.

1) Ukur meja Anda. Gunakan pita meteran untuk mengetahui panjang dan lebar meja, atau diameter jika Anda menggunakan meja bundar. Tulis ukuran dan bawalah catatan tersebut saat Anda membeli taplak. Mengukur tinggi meja juga penting dilakukan. Jika Anda hendak mengatur meja untuk konsep prasmanan, taplak meja akan lebih cantik bila jatuh menyentuh lantai. Untuk meja acara makan malam yang mengharuskan anggotanya untuk duduk, taplak meja harus menutup sekitar 20-50cm bagian bawah meja.

2) Pilih konsep meja yang Anda inginkan, formal atau informal.Formalitas taplak meja Anda harus disesuaikan juga dengan acara yang direncanakan. Untuk acara-acara resmi, serbet dan dekorasi meja lainnya harus selalu senada dengan taplak meja. Sedangkan dalam menata meja untuk acara-acara yang kurang resmi atau untuk meja sehari-hari, Anda boleh merasa bebas dalam mencampur dan mencocokkan beberapa warna atau pola yang berbeda.

Meja makan malam yang cantik dengan paduan warna merah muda dan coklat.

3) Pertimbangkan apa saja jenis dekorasi meja yang Anda butuhkan.Putuskan apakah Anda hanya akan memasang taplak meja, atau apakah Anda ingin melengkapi meja makan dengan serbet, alas makan, dan bahkan selimut kursi. Jika Anda akan menggelar resepsi pernikahan atau pesta formal, Anda mungkin membutuhkan semua hal tersebut. Tapi jika Anda mengatur meja untuk makan malam keluarga yang sedikit lebih santai, taplak meja sederhana atau beberapa alas makan mungkin cukup untuk menghias meja Anda. Pilih serbet sesuai acara Anda. Serbet makan malam biasanya berukuran 61 cm2, sedangkan serbet makan siang berukuran sedikit lebih kecil 50 cm2. Serbet koktail juga dapat digunakan, dan biasanya berukuran 15.5 cm2.

4) Kumpulkan beberapa contoh warna dan pola.Mencocokkan penataan meja Anda dengan dekorasi ruangan membuatnya terasa indah dan mengalir. Bawa sedikit sampel warna cat dari dinding atau furnitur sehingga Anda dapat mencocokkan warna dan pola yang tepat saat Anda berbelanja dekorasi meja makan.

5) Pilih jenis kain. Kain untuk dekorasi meja dapat berupa kain yang tebal dan tradisional. Kain seperti damas, atau untuk lebih tahan lama gunakan campuran kain katun dan polyester untuk menutup meja Anda dengan anggun. Untuk acara yang Anda anggap istimewa, taplak meja dari satin, organza, dan taffeta dapat menambah semarak suasana.

6) Berbelanja sambil membandingkan. Cara terbaik untuk memilih dekorasi meja adalah dengan membandingkan beberapa jenis berbeda. Ambil sampel cat atau warna dekorasi interior Anda dan bandingkan beberapa taplak dengan merk, kain, dan warna yang berbeda. Konsultasikan pada desainer dan petugas toko mengenai rencana acara Anda atau jenis rumah yang Anda miliki, serta usahakan bantuan ahli dalam memilih kain terbaik untuk meja Anda.

Tags: