Menampilkan Nuansa Tempo Dulu pada Ruang Makan

 Banyak sekali orang dalam membangun rumah tidak memberikan nuansa yang berbeda antara ruang yang satu dengan ruang yang lainnya. Hampir setiap ruang yang dirancang memiliki nuansa yang sama satu sama lain dan hanya ruangan seperti kamar mandi dan juga dapur yang memiliki nuansa berbeda diantara beberapa ruangan lainnya. Setiap orang biasanya menggunakan aksen yang sama dari setiap ruangan di rumah tempat tinggalnya. Hal tersebut tentu tidak seirama dengan fungsi tiap – tiap ruangan yang sangat berbeda satu sama lain. Misalnya saja, kamar tidur harus menampilkan suasana yang rileks dan nyaman untuk tempat beristirahat. Sedangkan ruang keluarga hadir dengan balutan kekeluargaan yang sangat kental, dan lain sebagainya.

Dengan adanya nuansa yang berbeda pada setiap ruangnya membuat anda dapat membedakan ruang mana yang sangat tepat untuk bersantai misalnya. Dengan cara yang demikian, tentu akan membuat rumah menjadi semakin nyaman untuk ditempati. Untuk rancangan ruang makan sendiri, anda dapat menerapkan nuansa tempo dulu pada ruang makan tersebut. Hal ini ditujukan untuk membingkai lagi kenangan masa lalu pada saat anda masih berusia kanak – kanak dan sedang makan bersama dengan keluarga pada zaman dahulu. Dengan nuansa yang sedemikian rupa, tentu akan menghadirkan kerinduan yang sangat mendalam akan masa kecil yang mana pada saat itu sedang berkumpul bersama dengan keluarga di ruang makan. Ada beberapa hal yang sangat perlu untuk diperhatikan jika anda hendak menampilkan nuansa tempo dulu pada ruang makan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ruang makan yang dirancang dengan nuansa tempo dulu tidak harus memiliki kesan yang formal serta kaku. Anda dapat meletakkan berbagai macam furniture serta ornamen yang memiliki sangkut paut terhadap suasana masa lampau. Hal tersebut ditujukan agar suasana masa lampau anda dapat tergambar dengan jelas di ruang tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, tentu sangat sulit menemukan ornamen dan furniture yang pernah ada pada zaman dahulu. Hal tersebut dapat disiasati dengan memunculkan nuansa tradisional pada interiornya.

Untuk memberikan nuansa tempo dulu yang tradisional, anda dapat memanfaatkan kayu yang masih memiliki serat dan guratan – guratan pada permukaannya untuk membuat hiasan yang berfungsi menghias desain interior dari ruang makan tersebut. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan bambu sebagai penghias interiornya sehingga nampak seperti nuansa tempo dulu yang dibalut dengan kesederhanaan. Dengan menggunakan bahan – bahan seperti itu, tentu gambaran tentang masa lalu anda akan terlintas dengan jelas. Hal tersebut juga ditambah pula dengan penggunaan meja makan yang mengusung konsep masa lalu dengan bahan kayu yang kokoh serta peralatan makan yang terbuat dari bahan yang sangat sederhana yang juga mencerminkan suasana pada masa lalu. Untuk peralatan makan, anda dapat menggunakan sendok yang menggunakan bahan berupa kayu. Dengan dekorasi dan benda – benda yang sangat identik dengan masa lalu, tentu nuansa tempo dulu akan sangat kental berada di dalam ruang makan rumah anda.

Tags: