Buah yang Harus Dihindari Saat Hamil

Image Source: Dunia Tips Kita

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang amat didambakan oleh setiap wanita. Dalam masa kehamilan setiap wanita akan berusaha menjaga janinnya sebaik mungkin agar bayi yang dikandungnya bisa lahir dengan sehat dan sempurna. Untuk itu seorang Ibu harus bisa lebih mengontrol asupan makanannya agar tidak membahayakan janin dan diri sendiri. Ibu hamil biasanya akan mengonsumsi buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin bagi janinnya. Perlu diketahui, tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena kandungan yang terdapat dalam buah tidak semuanya baik untuk pertumbuhan janin. Berikut ini daftar buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Buah Nanas

Buah berwarna kuning ini dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena nanas mengandung zat berbahaya, yaitu bromelain. Zat bromelain ini dapat mengakibatkan pelunakan dinding rahim yang akan berujung pada persalinan dini/premature. Wanita hamil yang makan buah nanas bisa berpengaruh pada persalinan, terutama selama trimester pertama. Oleh karena itu, hindari buah ini agar bayi yang dikandung tetap sehat.

  1. Buah Durian

Buah ini mempunyai aroma enak yang menyengat dan bisa membuat ketagihan siapa saja yang memakannya. Namun, tidak bagi ibu hamil. Karena buah yang kulitnya penuh dengan duri ini ternyata mengandung dua zat yaitu alkohol dan asam arachidonat. Zat alkohol dalam durian bisa mengakibatkan sifat panas di dalam perut. Sehingga akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Salah satunya yaitu berat badan bayi ketika lahir nanti akan rendah. Sedangkan untuk zat asam arachidonat merupakan senyawa kimia pembentuk prostaglandin. Prostaglandin adalah senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim yang berakibat pada keguguran pada trimester pertama, atau kelahiran premature pada kehamilan di bawah 36 minggu. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi buah durian.

  1. Buah Pepaya Mentah

Buah pepaya mentah dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung lateks atau getah, yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim dan berakibat pada keguguran. Selain itu, wanita hamil juga disarankan untuk tidak memakan daun pepaya karena memicu rapuhnya ari-ari si jabang bayi. Makanlah buah pepaya yang benar-benar sudah matang. Pepaya matang mengandung vitamin C yang tinggi, mineral, serat dan nutrisi sehat lainnya yang bisa membantu mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti mulas dan sembelit. Pepaya yang dicampur dengan madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat baik bagi wanita hamil terutama pada masa menyusui.

  1. Buah anggur

Buah yang terakhir yaitu anggur. Buah ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil pada kehamilan besar atau akhit. Karena buah anggur dijadikan sebagai pembuat minuman keras yang dipercaya menyebabkan kandungan menjadi panas.

Itulah buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat membahayakan janin yang dikandungnya. Masih banyak buah lain yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti apel, pisang, tomat, jambu dan sebagainya.

Tags: