Kriteria Hunian Sehat Masa Kini

Image Source: The Happy Dept

Rumah minimalis memang sedang digemari oleh masyarakat, baik yang masih tinggal sendiri maupun rumah untuk dihuni bersama keluarga. Karena bentuknya yang mini dan simple, desain rumah minimalis biasanya terbatas pada ruangan dan perabotan yang benar-benar dibutuhkan oleh pemiliknya. Penggunaan dekorasi yang sederhana namun memaksimalkan tata letak serta padu padan warna sangat membantu dalam menciptakan keindahan dan kenyamanan di dalam rumah.

Memiliki hunian indah sesuai dengan kriteria pribadi memang sebuah impian. Masing-masing orang punya hak penuh untuk menentukan seperti apa bentuk rumah mereka. Tapi, jangan lupakan kriteria hunian sehat berikut ini dalam rumah idaman anda. Jika tidak, maka keindahan rumah anda tidak dapat menjamin kesehatan dan keselamatan.

Taman

Keberadaan taman di lingkungan hunian sehat sangatlah penting. Tumbuhan di taman dapat menjadi sumber pasokan oksigen dan mengurangi polusi yang masuk ke dalam rumah. Taman tidak harus selalu mewah di atas tanah yang luas, cukup dengan memanfaatkan sisa lahan untuk ditanami tumbuhan hias dalam pot-pot bunga atau pohon-pohon perdu yang pendek namun tetap cantik. Tumbuhan yang dapat kita jadikan pilihan antara lain: pohon kamboja bonsai, cemara, palem, atau euforbia berukuran besar. Usahakan untuk tidak memiliki taman di dalam rumah karena pada malam hari tumbuhan mengeluarkan CO2 yang dapat menjadi racun bagi penghuninya.

Ventilasi

Syarat hunian sehat yang kedua adalah adanya ventilasi udara yang cukup. Tujuannya untuk mendukung sirkulasi udara agar dapat bergerak bebas. Manfaat lain ventilasi udara adalah sebagai celah masuk sinar matahari. Masing-masing ruangan memerlukan ventilasi udara. Bila hal ini tidak dipenuhi, maka ruangan rumah akan terasa lembab dan mudah terjangkit bakteri serta jamur. Akibatnya, penghuni rumah mudah terserang beragam penyakit pernafasan atau kulit.

Saluran Air Tertutup

Saluran air pembuangan rumah tangga di lingkungan rumah hendaknya ditutup agar tidak menjadi sarang nyamuk. Saluran air kotor ini juga dapat menjadi jalan masuknya tikus got yang membawa banyak penyakit berbahaya dan menular. Selain ditutup, anda juga harus membersihkan saluran air kotor secara teratur agar tidak ada air yang menggenang.

Bersih

Bebaskan rumah anda dari sampah busuk setiap hari. Salah satu kriteria hunian sehat adalah selalu bersih dan bebas bau tak sedap. Sediakan tempat sampah di dapur dan ruang lainnya dengan keranjang berbeda. Sampah dapur cenderung lebih kotor dan berair, hal ini mengharuskan kita untuk membuang sampah dapur dengan segera.

Jauhdari Peternakan

Bila anda suka memelihara hewan ternak, sebaiknya jaga jarak kandang dengan rumah tempat anda tinggal agar tidak menyebabkan penyakit. Misalnya ternak kambing, kandang harus berjarak sedikitnya 2 meter dari hunia. Bila tidak, maka polusi udara dari kotoran kambing dapat mencemari pernafasan keluarga anda. Semakin banyak ternak yang dimiliki, maka sebaiknya semakin jauh pula dari hunian anda.

Tags: