6 Cara Meringankan Sakit Punggung Saat Hamil

Sakit punggung saat hamil merupakan suatu yang wajar dan normal, namun bukan berati masalah punggung ini tidak butuh mendapat perhatian. Ada 6 cara yang ibu dapat lakukan untuk meringankan sakit punggung saat hamil ini, mulai dari melakukan posisi badan yang tepat, melakukan aktivitas fisik, hingga melakukan beberapa terapi.

Image source: Klikdokter.com

Keluhan sakit punggung saat hamil merupakan keluhan yang biasa. Saat ibu hamil, berat badan akan naik dan hormon pada tubuh mengendurkan ligamen dan otot-otot pada selutuh tubuh. Namun, ibu tidak perlu khawatir, karena sakit punggung saat hamil ini dapat dihindari bahkan diobati. Untuk meringankan ataupun menyembuhkan sakit punggung, ibu dapat melakukan hal-hal berikut:

Cara meringankan sakit punggung saat hamil

1. Sikap tubuh yang baik

Bayi dalam kandungan semakin hari semakin tumbuh dan berkembang, sehingga membuat gravitasi tubuh berpindah ke depan. Untuk menghindari ibu terjatuh karena perut yang terasa semakin berat, ibu dapat mencari sandaran untuk punggung. Beberapa prinsip tubuh yang baik antara lain berdiri tegak, pundak bersandar ke belakang dan rileks, menarik dagu tinggi-tinggi, dan tidak mengatupkan lutut.

Saat duduk, ibu dapat memilih kursi yang dapat menyokong punggung, atau menempatkan bantal kecil di belakang punggung bagian bawah. Selain itu, cobalah untuk tetap menjaga posisi punggung atas dan leher pada posisi yang lurus dan nyaman. Ibu juga dapat menggunakan bangku rendah untuk menyangga kaki.

2. Mengangkat benda dengan posisi tubuh yang tepat

Saat ibu akan mengangkat barang atau benda kecil, berjongkoklah terlebih dahulu dan kembali ke posisi semula menggunakan kaki. Jangan mengangkat punggung atau menekuknya pada bagian pinggang. Ibu juga harus mengetahui batas kemampuan ibu. Jika ibu sudah merasa tidak sanggup, ibu dapat meminta bantuan.

3. Tidur menyampinng

Saat hamil, ibu lebih baik tidur dengan posisi menyamping. Jangan tidur dengan terlentang atau menggunakan punggung. Dan juga tekuk salah satu atau kedua lutut ibu. Agar lebih nyaman, ibu dapat menempatkan bantal diantara lutut atau bawah perut, atau menggunakan bantal yang seukuran dengan tubuh.

4. Mengenakan pakaian yang tepat

Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi saat hamil. Ibu dapat mengenakan sepatu dengan hak rendah dan memiliki lengkungan yang baik. Jangan mengenakan celana ketat yang menekan bagian perut, ibu dapat memilih celana dan baju khusus untuk ibu hamil dengan bagian pinggang yang rendah serta dapat menyokong perut.

5. Pijat atau menggunakan sesuatu yang panas

Untuk memberikan efek hangat pada punggung, ibu dapat menggunakan bantal panas yang diletakan pada punggung. Ibu juga dapat menggosok pada bagian punggung, namun akan lebih baik jika ada orang lain yang membantu menggosok punggung ibu. Selain itu, ibu juga dapat menjalani pijat sebelum melahirkan.

6. Melibatkan latihan dalam kegiatan sehari-hari

Sembari melakukan aktivitas sehari-hari, ibu juga dapat meringankan maupun menyembuhkan sakit punggung, dan menjaga punggung tetap kuat. Ibu dapat melakukan peregangan di sela-sela aktivitas seperti meregangkan punggung bagian bawah, mengistirahatkan lutut dan tangan dengan menyejajarkan kepala dengan punggung. Tarik perut dan putar punggung secara perlahan, tahan beberapa detik dan rilekskan punggung dan perut ibu. Jaga posisi punggung agar tetap datar. Lakukan berulang-ulang sebanyak 10 kali. Ibu juga dapat bertanya pada dokter peregangan-peregangan lain yang dapat dilakukan ibu hamil.

Meskipun sakit punggung saat hamil merupakan hal yang normal, namun hal ini bukan sesuatu yang dapat diabaikan. Jika setelah melakukan hal-hal di atas, dan sakit punggung tidak kunjung berkurang, ibu dapat berkonsultasi dengan dokter bagaimana mengatasinya. Disamping itu, ibu juga harus dapat membedakan sakit punggung biasa, sakit punggung tanda akan melahirkan, dan sakit punggung yang disertai pendarahan pada vagina yang dapat mengindikasikan masalah yang perlu penangangan cepat.

Tags: