Beberapa Hal yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Saat Ibu dan pasangan sedang dalam program hamil, mungkin sering sekali mendapat masukan atau mendengar kiat-kiat meningkatkan kesuburan yang diyakini dapat memperbesar peluang kehamilan. Akan tetapi, tidak jarang kiat-kiat tersebut terdengar absurd dan tidak masuk akal.

Image Source: Programhamil.com

Beberapa nasihat standar yang sering didengar diantaranya tidak boleh stress, hindari merokok, mengurangi berat badan dan lainnya. Ada juga saran-saran yang terdengar nyeleneh namun saat dibuktikan memang benar dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Berikut diantara kiat-kiat untuk meningkatkan kesuburan:

1. Mengurangi olahraga

Olahraga merupakan hal yang baik dilakukan, akan tetapi seperti banyak hal lainnya, sesuatu yang dilakukan berlebihan akan berdampak buruk. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012 silam menyebutkan bahwa wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga berat seperti lari, bersepeda, atau renang lebih dari 5 jam per minggu ternyata lebh sulit hamil.

Direktur Program NYU Langone Fertility Center, James Grifo, menyarankan untuk melakukan berbagai variasi saat berolahraga seperti pilates, yoga, atau aerobik, juga jangan lupa untuk memberi waktu libur atau istirahat dari olahraga.

2. Variasi hubungan

Dari berbagai variasi hubungan badan yang ada, banyak yang meyakini bahwa posisi misionari (pria di atas) merupakan posisi terbaik agar pembuahan terjadi karena posisi ini akan memudahkan sperma dan membuatnya lebih optimal berenang menuju sel telur. Namun sebenarnya posisi berhubungan badan tidak terlalu berpengaruh dalam meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Untuk memperbesar peluang kehamilan, para ahli merekomendasikan untuk melakukan hubungan intim selama dua atau tiga hari sekali, karena jika melakukan hubungan intim setiap hari justru cenderung menyebabkan stres.

3. Sarapan besar

Sebuah penelitian yang dilakukan 2013 lalu menunjukan bahwa makan sarapan sehat dan penuh nutrisi akan memperbesar peluang kehamilan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Menu sarapan yang dianjurkan adalah sarapan yang penuh nutrisi dan memiliki kalori yang sedikit lebih besar dari biasanya.

4. Tidur dalam gelap

Saat malam hari tubuh akan memproduksi hormon melatonin, akan tetapi cahay lampu dari gadget dan lampu akan memnghambat produksi hormon tersebut. Hormon melatonin akan membuat tubuh mengantuk dan melindungi sel telur dari radikal bebas. Seorang peneliti bernama Russel J Reiter mengatakan bahwa jika seorang wanita sedang dalam program hamil, disarankan untuk tidur selama 8 jam dengan suasana kamar yang gelap.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan agar dapat meningkatkan kesuburan. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bunda semua.

Tags: