Mengenalkan Pola Tidur Pada Anak Sejak Dini

Tidur merupakan kebutuhan setiap orang, termasuk bayi. Bagi bayi, tidur tidak hanya sekedar istirahat. Selama bayi tidur, otaknya akan terus berkembang. Bahkan bisa dianggap tidur sangat penting untuk memicu perkembangan otak bayi. Karena itu, para orangtua harus memastikan bayi mereka kebutuhan akan tidur bayi terpenuhi dan mendapatkan tidur yang berkualitas dengan mengenalkan pola tidur pada anak yang baik.

Image: SolusiSehatku.com

Akan tetapi, kebanyakan bayi memang belum memiliki jadwal tidur yang konsisten karena mereka masih belum membedakan mana malam dan siang. Kondisi ini tentu akan membuat orang tua kelelahan karena harus menemani si kecil saat terjaga di malam hari. Untuk mengatasi hal ini atau setidaknya mengurangi kerepotan Ibu saat terbangun di malam hari karena si kecil, Ibu dapat memulainya dengan mengenalkan pola tidur pada si kecil agar ia dapat menyesuaikan kapan waktunya tidur dan kapan ia harus bangun.

Cara mengenalkan pola tidur pada anak sejak dini:

Membuat jadwal konsisten

Langkah ini dapat dilakukan dengan membuat lingkungan menjadi agak redup, tenang, menyetel musik lembut atau bisa Ibu sendiri yang menyanyikan lagu untuk meninabobokan si kecil, serta mengurangi aktivitas si kecil pada malam hari. Ibu dapat mengulangi cara-cara ini agar si kecil terbiasa dengan jadwal tidurnya.

Membuat Si Kecil Nyaman

Saat jam tidur datang, tempatkan si kecil pada ranjangnya dan biarkan ia terlelap. Saat ia terjaga atau menangis, boleh sesekali menenangkannya namun jangan langsung mengangkat dan menggendongnya dari tempat tidur. Kebiasaan ini dapat melatihnya agar ia dapat kembali tidur dengan sendirinya. Butuh waktu beberapa waktu agar si kecil terbiasa dengan metode ini dan akhirnya terlelap sepanjang malam.

Waktu Bermain untuk si kecil

Setelah si kecil menginjak usia 4 bulan ke atas, biasanya waktu terjaganya pada siang hari sudah lebih banyak. Ibu dapat menggunakan siang hari untuk mengajaknya bermain agar si kecil mengetahui bahwa siang hari adalah waktunya beraktivitas, sedangkan malam hari waktunya beristirahat.

Demikian bunda, cara sederhana untuk mengenalkan pola tidur pada anak sejak dini. Dengan cara diatas semoga bisa menambah wawasan bunda semua dalam mengenalkan pola tidur pada anak.

Tags: