Mitos dan Fakta Seputar Perawatan Bayi Baru Lahir

Sejak dulu, perawatan bayi tak bisa dilepaskan dari mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Karena itu, sebagai orang tua perlu mengetahui mana yang mitos mana yang fakta agar tidak salah dalam merawat bayi. Alih-alih ingin merawat bayinya dengan baik, justru malah menganggu kesehatan si bayi. Lalu apa saja mitos dan fakta seputar perawatan bayi baru lahir yang wajib ibu ketahui? Nah, ibuhamil.info pada artikel ini akan mengulas beberapa mitos dan fakta seputar perawatan bayi baru lahir.

Image Source: Liputan6.com

Berikut ini beberapa mitos dan fakta seputar perawatan bayi:

1. Menjemur bayi di pagi hari

Banyak orang yang percaya dengan menjemur bayi di pagi hari dapat membuatnya lebih sehat. Hal tersebut memang betul, namun ibu tidak perlu menjemurnya setiap hari. Selain itu, jangan terlalu lama menghangatkannya di bawah matahari langsung, cukup 10-15 menit saja di bawah jam delapan pagi. Kemudian, para ibu biasanya langsung memandikan bayinya dengan air dingin setelah dijemur. Memandikan bayi dengan air dingin dianggap dapat membuat bayi lebih kuat. Anggapan ini sebenarnya salah. Jika ibu langsung memandikannya dengan air dingin ia bisa menggigil dan dikhawatirkan dapat menganggu metabolismenya, yang juga menyebabkan bayi terkuras energinya untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga ia cepat mudah lelah dan mudah terserang sakit. Sebaiknya mandikan bayi dengan air hangat-hangat kuku dan jangan terlalu lama memandikannya.

2. Bayi jangan diajak keluar sebelum 40 hari

Nasihat orang tua agar tidak membawa bayi berjalan-jalan keluar rumah sebelum berumur 40 hari memang ada benarnya. Bayi yang baru lahir dan usianya terhitung masih dini masih memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Sebab itu dikhawatirkan akan terkena kuman atau virus yang dapat membuatnya sakit apabila dibawa keluar rumah. Ada baiknya, jika ibu ingin mengajaknya berjalan-jalan, bayi sudah memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Setidaknya sudah mendapatkan imunisasi awal seperti hepatitis B atau polio.

3. Menjemur pakaian sore hari akan mengundang penyakit

Seringkali ibu mendapatkan peringatan dari orang tua agar mengangkat jemuran saat sore hari, hal tersebut memang benar. Saat menjemur pakaian di sore hari, binatang-binatang kecil maupun serangga dapat hinggap dan terbawa masuk ke dalam rumah anpa sepengetahuan ibu. Bagi bayi yang memiliki alergi serbuk sari juga akan lebih mudah kambuh karena serangga yang berpotensi terbawa oleh serangga. Itulah kenapa baju bayi tidak boleh dijemur menjelang sore hari karena dapat menimbulkan bersin-bersin serta gatal pada kulit bayi.

4. Gumoh

Tidak sedikit ibu yang panik saat bayinya mengalami gumoh. Ibu dapat menghindari terjadinya gumoh dengan memposisikan bayi terlentang saat menyusu, tidak menyuapinya sampai kenyang, dan tidak memasang gurita terlalu kencang.

5. ASI basi

Saat ibu memerah ASI, banyak ASI yang terbuang karena banyak yang bilang itu merupakan ASI basi. Padahal dalam tubuh ibu menyusui tidak ada produksi ASI basi.

Demikian bunda beberapa mitos dan fakta seputar perawatan bayi yang mungkin kita dengar di masyarakat. Dengan mengetahui apakah itu mitos dan fakta seputar perawatan bayi, bunda akan lebih baik dalam merawat bayi tercinta.

Tags: