Mood Swing Pria Lebih Parah daripada Wanita

Bukan hal yang aneh lagi jika tiba-tiba seorang wanita mengalami perubahan mood (mood swing) yang mendadak. Mood swing ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang datang bulan, wanita hamil, dan wanita yang sudah masuk usia menopause. Tapi apa Ibu tau, kenyataannya tak hanya wanita saja lho yang mengalami mood swing, para pria juga acap kali mengalami mood swing juga, bahkan tak jarang mood swingnya lebih parah daripada yang dialami wanita.

Mungkin banyak para wanita yang menggoda teman pria mereka dalam nada bercanda dengan berkata “lagi dapet ya, sensi banget”. Mungkin itu hanya candaan saja, namun faktanya para pria ini juga dapat mengalami mood swing, seperti yang normalnya dialami oleh wanita sedang datang bulan. Bahkan penyebab mood mereka mendadak memburuk lebih banyak ketimbang wanita. Jadi jangan heran kalau mendapati makhluk-makhluk “berhati kuat” ini mengalami mood swing.

Berikut ini penyebab terjadinya mood swing pria:

1. Stress

Salah satu penyebab perubahan mood drastis yang paling sering pada pria adalah stress. Mungkin banyak yang beranggapan pria lebih bisa memanjemen stress mereka, apalagi pria lebih rasional sehingga tidak terbawa perasaan yang membuat stress lebih berat. Namun faktanya tidak semua pria dapat menangani stress mereka dengan baik. Pria yang kurang mampu mengatur stress, mood dan sikap mereka cenderung lebih mudah berubah secara tiba-tiba. Bisa jadi saat ini ia tertawa, namun satu jam kemudian ia bisa langsung marah-marah.

2. Hormon yang tidak seimbang

Tak hanya wanita saja yang mengalami sekresi hormon yang tak seimbang, pria juga mengalami kondisi yang sama, namun bedanya, sekresi pada pria tidak terlalu sering terjadi jika dibandingkan yang dialami oleh wanita. Jika wanita biasanya rutin setiap bulannya mengalami perubahan hormonal, maka pria akan mengalaminya setiap 2-3 bulan sekali.

Baca juga:Tanda berkurangnya hormon testosteron pada pria

Ketidakseimbangan dan perubahan hormon ini merupakan salah satu penyebab suasana hati pria-pria ini berubah drastis. Saat hormon dalam tubuh berubah, manusia termasuk pria, akan menjadi kurang berpikir jernih sehingga membuatnya mudah marah. Gejalanya pun sama seperti yang dialami wanita, mood mereka akan mudah berubah, kadang senang, lalu berubah sedih dan marah-marah tanpa alasan.

3. Gangguan emosional

Selain masalah hormon dan stress, faktor lain penyebab mood swing pada pria adalah gangguan emosional. Seorang pria bisa saja mengalami gangguan emosional saat ia mengalami hal-hal yang mengejutkan, misalnya saja saat ia kelelahan dan kurang istirahat, ditinggal orang yang dikasihi, dan habis berkelahi. Ketika mereka mengalami gangguan emosional, suasana hati mereka cenderung tidak stabil dan lebih sensitif.

Tags: