Mual dan Muntah Kronis Saat Hamil Begini Cara Mengatasinya

Mual dan muntah (morning sickness) pada awal kehamilan sangat normal terjadi. Namun beberapa ibu hamil justru mengalami mual dan muntah kronis saat hamil, atau yang dalam istilah medis dikenal dengan Hiperemesis gravidarum. Salah satu gejala yang dapat dikenali dari hiperemesis gravidarum diantaranya mual-mual dan muntah yang dapat terjadi hingga sepuluh kali atau lebih dalam sehari selama trimester pertama kehamilan, hal ini tentu saja sangat menganggu aktivitas dan kesehatan ibu hamil.

Image Source: MajalahKartini.co.id

Apabila seorang ibu hamil mengalami kondisi ini namun tidak segera mendapat penanganan medis, maka dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janinnya. Karena jika seorang ibu hamil mengalami hiperemesis gravidarum, maka ia akan kekurangan asupan nutrisikarena tidak bisa menerima makanan masuk dan dehidrasi. Pada kondisi yang lebih parah, ibu hamil bahkan bisa kehilangan berat badan. Efek negatif dari hiperemesis gravidarum ibu hamil memgalami tekanan darah rendah, pusing, pingsan, hingga mengalami insufisiensi nutrisi yang menyebabkan janin tidak tumbuh secara optimal. Hiperemesis gravidarium juga dapat mengurangi cadangan karbohidrat dan lemak pada ibu hamil, sehingga ibu cepat merasa lelah, lemah dan lesu.

Jika hiperemesis gravidarium terus dibiarkan dapat menyebabkan robeknya selaput lendir pada esofagus dan lambung yang dapat meningkatkan resiko kematian pada ibu hamil. Penyebab pasti hiperemesis gravidarium belum ditemukan, namun beberapa hal diduga menjadi penyebabnya, antara lain kehamilan kembar yang karena adanya hormon khorionik gonadotropin yang berlebihan sehingga membuat ibu hamil mual dan muntah kronis saat hamil secara berlebihan, faktor psikologis terutama pada kehamilan pertama, dan dikarenakan adanya alergi yang merupakan salah satu respon dari jaringan ibu hamil dan janinnya. Untuk mengatasi hiperemesis gravidarium, ada beberapa cara yang ibu dapat lakukan.

Berikut beberapa langkah Mengatasi Mual dan Muntah Kronis Saat Hamil :

1. Makan sedikit namun sering

Banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah kronis saat hamil menolak berbagai jenis makanan. Ibu dapat mengatasinya dengan makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Ibu juga dapat membuat cemilan puding atau roti bakar untuk menambah asupan nutrisi.

2. Konsumsi vitamin dan susu

Dengan mengkonsumsi vitamin B6 yang terkandung dalam daging ayam, kembang kol, serta lobak, dipercaya dapat mengendalikan rasa mual dan muntah kronis saat hamil yang berlebih. Ibu juga dapat mengkonsultasikannya pada dokter untuk mendapakan tambahan vitamin B6.

3. Mengurangi rasa pusing saat bangun tidur

Ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarium sering mengalami pusing saat bangun tidur karena tekanan darah yang menurun. Untuk mengurangi rasa pusing saat bangun tidur, ibu dapat memiringkan badan ke kanan dan ke kiri kemudian duduk perlahan-lahan, dan ibu setelah itu ibu dapat berdiri. Disamping itu juga disarankan untuk minum air hangat setelah bangun tidur.

Demikian bunda cara mengatasi mual dan muntah kronis saat hamil. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk bunda semua.

Tags: