Perut Kembung saat Hamil Ini Makanan yang Menyebabkan

Image Source: merdeka.com

Saat hamil pertama, banyak hal yang dikeluhkan oleh ibu hamil, salah satu yang sering dikeluhkan adalah perut kembung saat hamil. Perut kembung saat hamil terjadi karena adanya peningkatan gas di lambung oleh hormon progesteron. Karena gas yang berkumpul di lambung, maka sering membuat sistem pencernaan terganggu. Tentu saja hal ini sangat tidak nyaman, karena itu untuk menghindari perut kembung, ibu hamil harus menghindari makanan tertenu. Tidak itu saja, cara makan yang tidak benar pun dapat menyebabkan perut kembung.

Berikut ini ada beberapa makanan yang disarankan untuk dihindari atau dikurangi porsinya karena dapat menyebabkan perut kembung saat hamil.

1. Kubis

Saat hamil, ada baiknya jika ibu mengetahui apa saja keluhan kehamilan dan bagaimana cara penanganannya, salah satunya yang menjadi penyebab perut kembung saat hamil. Beberapa makanan dapat memicu timbulnya gas dalam lambung, salah satunya adalah kubis. Selain itu, kubis juga merupakan sayuran yang dapat menghambat pencernaan dan menyebabkan rasa mulas.

2. Makanan yang digoreng

Lemak yang ada pada gorengan sering menyebabkan masalah bagi kesehatan. selain itu, makanan yang digoreng sulit dicerna, karena itu untuk terhindar dari masalah pencernaan, sebaiknya hindari gorengan atau setidaknya mengurangi porsinya. Selain itu, hindari juga makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi seperti kentang goreng dan daging yang mengandung lemak tinggi

3. Kacang

Kacang memang baik bagi ibu hamil, namun menjadi tidak baik jika ibu mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Pada kacang terkandung raffinose yang dapat memicu timbulnya gas dalam lambung. Oleh sebabnya, selain mengurasi jumlah kacang yang dikonsumsi, ibu juga dapat mengurangi pemicu gas yang menyebabkan perut kembung saat hamil dengan cara merendam dan mencuci kacang secara menyeluruh.

4. Lobak

Kandungan pada lobak dapat memicu timbulnya gas dalam perut yang dapat menyebabkan perut kembung saat hamil. Selain lobak, ibu juga dapat mengurangi konsumsi paprika hijau dan bawang untuk menghindari perut kembung.

5. Apel

Sama seperti lobak, kandungan dalam apel juga dapat memicu timbulnya gas yang menyebabkan perut kembung saat hamil. Meskipun apel sangat baik bagi kesehatan, namun bagi ibu hamil yang sering mengeluhkan perut kembung, sebaiknya perhatikan pola konsumsi apel. Ini dikarenakan apel mengandung pektin yang dapat memicu gas sehingga membuat ibu tidak nyaman.

6. Minuman ringan

Tak hanya makanan, beberapa jenis minuman juga dapat memicu timbulnya gas dalam perut. Salah satunya minuman berkarbonasi atau minuman soda. Minuman berkarbonasi berpotensi untuk udara masuk pada saluran pencernaan sehingga membuat tidak nyaman saat makan.

7. Jagung

Pengunyahan makanan yang tidak benar juga memicu masalah pada lambung. Contohnya saat ibu mengkonsumsi jagung. Jika tidak mengunyahnya dengan benar, mengkonsumsi jagung dapat menyebabkan perut kembung saat hamil dan nyeri pada perut.

Tags: