Tips Ampuh Menenangkan Bayi yang Rewel

Menangani bayi menangis tentu merupakan hal yang sangat lumrah bagi setiap orangtua. Namun terkadang si kecil menangis terus menerus dan rewel tanpa sebab yang tak jarang membuat orang tua bingung bahkan stres bagaimana cara menenangkan bayi yang rewel. Apalagi saat orangtua dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk seluruhnya fokus pada anak mereka. Jika ibu berada dalam kondisi tersebut, cobalah untuk tenang dan tidak panik.

Image: YouTube

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi yang rewel:

Sentuhan

Dengan melakukan kontak kulit secara langsung dengan si anak, akan membuat mereka lebih aman karena mereka merasakan keberadaan orangtuanya dan membuatnya merasa aman. Terkadang anak menjadi rewel karena merasakan kecemasan, takut, atau malu. Dengan melakukan kontak fisik seperti menyentuh, memeluk, atau menggandengnya, si anak akan merasa lebih aman dan perlahan menenangkannya. Jangan meminta mereka berhenti rewel atau menangis saat si anak dalam kondisi seperti itu, cobalah untuk mengarahkannya secara perlahan untuk menenangkannya kembali.

Ayunan dan Buaian

Ayunan atau buaian merupakan salah satu gerakan yang ampuh membuat bayi atau balita merasa senang, nyaman, dan membuatnya lebih mudah tidur. Akan tetapi, perhatikan saat mengayun-ayunkan mereka. Jangan sampai terlalu menggoncangkan tubuhnya, karena beberapa bagian tubuh yang masih berkembang secara optimal, contohnya kepala dan otak. Perlahan lakukan gerakan mendayung serta diiringi senandung atau bisikan halus yang membuatnya lebih tenang. Cara ini cukup ampuh untuk menenangkan si kecil dan mengalihkannya dari kesedihan.

Pijatan

Pijatan yang lembut dan nyaman dapat membuat efek relaksasi pada bayi sehingga dapat membuatnya lebih tenang. Sentuhan seorang ibu pada anaknya memang memiliki efek yang sangat kuat dalam menangkan anaknya. Memijatnya dengan lembut sembari bercanda dan mengajaknya ngobrol dapat mengembalikan mood baik si kecil.

Memperdengarkan musik

Memperdengarkan music memang dapat membantu menenangkan si anak, namun Ibu juga tetap perlu memperhatikan kondisi si kecil, apakah ia membutuhkan musik yang lembut dan tenang atau music yang ceria. Jangan menggunakan volume keras jika ia mulai menangis dan bertambah rewel. Jika perlu, Ibu dapat membujuk si kecil saat memperdengarkannya musik agar ia bergerak sesuai irama, ini kaan membuat moodnya menjadi lebih baik.

Membalutnya

Terkadang kondisi dan faktor dari luar juga menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. Saat si kecil mengalami hal tersebut, mereka terkadang merasa akan lebih nyaman saat tubuhnya dibalut sesuatu seperti selimut, kain hangat, ataupun handuk. Akan tetapi perlu diperhatikan pula suhu dan kulitnya. Jangan sampai mereka malah bertambah rewel karena suhu tubuhnya yang meningkat.

Demikian bunda tips ampuh untuk menenangkan bayi yang rewel. Semoga bermanfaat dan membantu bunda semua dalam menenangkan bayi yang rewel.

Tags: