Batu akik combong yang unik penuh pesona

Beragam keindahan warna dan keistimewaan batu akik, mungkin salah satu batu akik yang sangat unik dan istimewa adalah batu akik combong. Keunikan dn keistimewaan dari batu akik combong ini adalah terdapatnya celah atau lubang pada batu akik, dan lubang dari batu akik ini merupakan proses alami atau asli, jadi bukan dibuat setalah terbentuknya batu akik combong.

untuk jenis dan bentuk lubang dari batu akik hingga bisa disebut batu akik combing, tidaklah harus besar dan sampai tembus dari atas kebawah. Batu akik yang memiliki lubang berupa cerukan atau lubang yang tidak sampai tembus kebawah, batu yang memiliki lubang cukup kecil pun sudah bisa kita sebut sebagai jenis batu akik combing.

Dibalik keunikan dan keistimewaan dari batu akik combong ini, ternyata batu akik combong memiliki kelemahan tersendiri. Dari karakter batu cincin combong yang berlubang, kita bisa menyimpulkan bahwa batu combong merupakan jenis batu permata atau batu cincin yang memiliki tingkat kekerasan yang cukup rendah, yaitu sekitar 5 sampai 6 mohs. Sehingga batu cincin combong merupakan jenis batu akik yang cukup mudah pecah.

Sebagai batu hias, batu akik combong tentu sangat baik dan cantik jika sudah disatukan dengan pengikat perak atau logam lainnya sehingga terbentuk sebuah cincin. Cincin batu akik combong adalah satu bentuk cincin yang unik, sehingga bisa memberikan manfaat untuk keindahan dan seni bagi kita. Khaisat Batu akik combong hanyalah sebatas sebagai hiasan ataupun untuk memberikan kepuasan batin kita akan keindahan dan keunikan batu akik ini.

Adapun jenis jenis batu akik combong adalah sebagai berikut :

  1. Batu akik combong kenanga atau kinyang. Batu akik berbahan dasar batu cadas kali ataupun pegunungan, yang memiliki variasi warna kuning serta orange. Adapun varians dari batu combong ini adalah batu combong pamor sulaiman, batu akik combong pamor air widuri dan batu akik combong pamor collono atau mulus.
  2. Batu akik combong yaman jawa. Batu akik ini konon berasal dari mata air yang membeku dan memiliki warna hitam yang khas. Memiliki varians batu combong pamor madu dan batu akik combong pamor sulaiman.
  3. Batu akik combong angkik. Jenis batu combong ini berasal dari dalam batu cadas dan memiliki cirikhas warna putih gajih atau lemak. Batu combong ini memiliki beberapa varians diataranya batu combong urat serabut, batu combong urat widuri, batu combong urat sumur bandung, dan urat cempakan serta urat angka.

Demikianlah beberapa ulasan tentang batu akik combong, semoga bisa memperluas wawasan kita sebagai pecinta batu akik atau batu mulia.