Ciri ciri batu akik black opal kalimaya berkualitas

Ciri– ciri batu akik black opal kalimaya berkualitas – batu akik hitam dengan kembang atau jarong warna-warni yang sangat indah ini, begitu banyak di gemari dan di koleksi oleh beragam lapisan masyarakat. Daerah Indonesia yang terkenal sebagai penghasil batu black opal adalah daerah lembak banten. Tempat ini begitu akan kandungan mineral silica serta kuarsa.

Struktu serta tekstur batu black opal, terbentuk pada suhu rendah dan umumnya memiliki retakan di sekelilingnya, sehingga batu black opal termasuk jenis batu yang relative lunak dengan tingkat kekerasan sekitar 5,5 hingga 6,5 skala mohs. Batu akik black opal memiliki kandungan air yang cukup tinggi sekitar 6 hingga 10%, sehingga dengan tekstur yang lunak dan kandungan air yang tinggi, batu black opal membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan jenis batu akik lainnya.

Keindahan batu akik black opal kalimaya ini akan terlihat begitu mempesona, ketika di kenai pancaran sinar, maka black opal akan mengeluarkan cahaya pendar yang berwarna-warni. Cahaya warna-warni inilah yang sering di sebut pecinta batu akik sebagai kembang atau jarong. Warna jarong dari black opal yang umum adalah putih, kuning, jingga,orange, merah, biru, coklat, ungu, hijua, hitam, abu-abu dan lainnya, warna jarong juga sangat di tentukan oleh lingkungan atau daerah di mana batu kalimaya terbentuk.

Batu black opal yang banyak di gemari dan di cari para pencinta batu akik adalah yang memiliki warna jarong dominasi merah, biru dan ungu yang terang, karena warna-warna ini sangat cantik, tetapi cukup langka untuk ditemukan, dan beberapa Negara lain juga banyak yang menghasilkan batu black opal, diantaranya, meksiko, Australia, mesir serta india.

Bagi kita yang mencintai dunia batu akik, dan saat ini sedang mencari batu black opal kalimaya berkualitas, berikut ini kami tampilkan beberapa cirinya;

ciri-ciri batu black opal kalimaya berkualitas

pertama, sesuai dengan namanya, batu ini memili warna dasar yang hitam legam.

Kedua,walapun memilik tingkat kekerasan sekitar 6,5 skala mohs, batu black opal bersifat padat dan tidak rapuh walaupun tergores.

Ketiga,black opal yang berkualitas memiliki karakter warna yang komplit dan mengeluarkan warna yang mengkilap seperti berlian.

Keempat,serat black opal halus, dan tidak tampak dari permukaan batu

Kelima, walaupun berwarna hitam legam, batu black opal tetap tembus cahaya senter ataupun lampu yang cukup terang.

Keenam, walaupun berwarna hitam legam, pada saat di gores dengan amplas, residu black opal tidak berwarna hitam.

Ketujuh,batu akik black opal kalimaya berkualitas memiliki tampilan permukaan batu yang mengkilap seperti porselin atau keramik.

Demikianlah beberapa tips mengenali Ciri– ciri batu akik black opal kalimaya berkualitas, semoga bermanfaat, dan batu akik Indonesia makin jaya.