Baik dilakukan menjelang persalinan dengan latihan ini

Setelah menjalani masa kehamilan selama 9 bulan, maka proses persalinan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua ibu. Semua rasa campur aduk saat menjelang persalinan, senang karena tidak lama lagi akan melihat sang buah hati, namun juga ada perasaan cemas dan takut pada rasa sakit akan melahirkan. Terlebih jika mendengar pengalaman-pengalaman melahirkan dari ibu lainnya. Tentu saja hal ini membuat ibu hamil harap-harap cemas agar proses persalinannya dimudahkan. Pada artikel kali ini kami berikan latihan yang baik dilakukan menjelang persalinan.

Image: Janinku.com

Ada beberapa macam latihan yang dapat membantu memudahkan proses melahirkan. Saat proses persalinan memang terasa sangat sakit. Dengan latihan-latihan prenatal selama hamil, diharapkan rasa sakit berkurang dan memudahkan persalinan. Pada dasarnya, latihan-latihan tersebut membuat otot panggul lebih kuat. Dengan melakukan latihan secara teratur, pada saat melahirkan bisa membantu melancarkan sirkulasi darah untuk menghindari kram otot.

Beberapa latihan ini baik dilakukan menjelang persalinan:

1. Latihan berjongkok

Latihan berjongkok sangat ideal bagi ibu hamil agar membantu otot panggul dan paha menjadi lebih kuat menjelang persalinan. Latihan ini juga membantu area kewanitaan dan panggul terbuka. Dengan berjongkok, disamping menyiapkan diri untuk melahirkan, juga membuat otot lebih kendur. Posisi berjongkok membantu janin menemukan jalan lahir. Saat latihan berjongkok, ibu dapat menjaga keseimbangan dengan berpegangan pada meja atau kursi untuk membantu saat menurunkan tubuh. Ibu juga bisa meminta bantuan pada suami atau orang lain saat berlatih berjongkok.

2. Latihan panggul

Ibu bisa melakukan latihan panggul ini di kasur lantai. Caranya dengan melakukan posisi seperti merangkak, atur kedua siku untuk mendukung badan. Perlahan tarik otot dubur dan tahan beberapa detik lalu lepaskan. Latihan panggul ini juga bermanfaat untuk meringankan sakit pada punggung yang sering dialami oleh ibu hamil. Disamping itu, latihan panggul juga dapat meningkatkan aliran darah pada daerah panggul bagian bawah. Latihan ini juga membuat otot panggul lebih kuat dan memudahkan proses persalinan.

3. Latihan kegel

Untuk mendapatkan proses persalinan yang lebih cepat, ibu bisa melakukan latihan kegel. Selain itu, latihan kegel juga membantu terhindar dari pembekuan darah dan wasir, mencegah terjadinya robekan perineum atau episiotomi, menguatkan semua otot yang membantu rahim dan perut saat melahirkan. Pada dasarnya latihan kegel ini adalah untuk melatih otot. Latihan kegel bisa dilakukan dengan menarik otot pada area kewanitaan dan dubur, lalu tahan beberapa detik dan lepaskan. Latihan kegel membantu memperkuat otot panggul untuk mendorong bayi saat melahirkan.

4. Latihan Penjahit duduk

Dengan melakukan latihan ini, maka ibu akan semakin siap mengadapi kelahiran normal. latihan penjahit duduk membantu menjaga kelenturan daerah kaki supaya tetap nyaman saat melahirkan. Ibu bisa melakukan latihan ini dengan posisi kaki bersila.

Demikian beberapa metode latihan yang baik dilakukan menjelang persalinan. Dengan berlatih dan persiapan yang baik, bunda bisa lebih tenang dalam menghadapi proses persalinan.

Tags: