Anies Baswedan: pemuda Harus Antisipasi Perubahan

Image Source: Nasional Tempo.co

Saat ini penting bagi para pemuda berbicara tentang masa depan bangsa Indonesia karena masa depan Bangsa Indonesia sepenuhnya ada ditangan mereka. Pemuda Indonesia harus mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang nantinya akan terjadi pada masa mendatang.

Untuk itu generasi harus menjadi motor bagi kemajuan Indonesia bukan malah menjadi beban atau bahkan menjadi penghambat dalam proses kemajuan bangsa tersebut. Hal tersebut oleh Dr. Anies Baswedan saat mengisi Kuliah Umum Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEUMY)  dengan tema “Memenangkan Masa Depan Bagi Indonesia” yang dilaksanakan di Aula Masjid K.H. Ahmad Dahlan Kampus Terpadu UMY.

Anies menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi perubahan tersebut pemuda Indonesia harus memenuhi beberapa kualifikasi agar bisa bersaing di arena Internasional.

“Salah satu persyaratan yang paling penting adalah penguasaan bahasa internasional dalam hal ini bahasa Inggris, jika kita tidak bisa memenuhi salah satu kualifikasi tersebut maka kita akan tersingkir dari kompetisi Internasional yang sangat ketat dan negara kitapun yang akan menjadi taruhannya” jelasnya.

“Selain itu para generasi muda harus memiliki kualifikasi lainnya seperti Integritas dan dedikasi yang tinggi, berpendidikan tinggi,  cinta  perdamaian, dan berpikir pragmatis “ tambahnya.

Menurut Anies Indonesia merupakan Negara yang berpotensi menjadi Negara besar di kawasan Asia. “Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di peringkat 16 terbesar didunia dan diperkirakan pada tahun 2030 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai peringkat 7. Angka inilah yang menjadi tugas kita para generasi muda untuk mewujudkannya bahkan bisa menduduki peringkat tiga besar” tuturnya.

Selain itu Anies memaparkan bahwa Pemuda Indonesia sekarang harus berpikir kedepan, tidak lagi melihat kebelakang. “Selain itu saat ini generasi muda harus peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di negeri ini dan peduli terhadap masalah-masalah yang saat ini terjadi bukan hanya diam dan membiarkannya begitu saja” paparnya.

Anies menegaskan bahwa sudah saatnya pemuda Indonesia mengambil peran bagi masa depan Bangsa Indonesia. “Peran tersebut bisa dimulai dari hal kecil dan dimulai dari sekarang yang akan membawa perubahan kearah lebih baik bagi bangsa Indonesia” tegasnya.

Tags: