Tips Menjaga Kehamilan Muda

Menjadi seorang Ibu tentu saja hal yang paling menggembirakan saat mendengarnya. Perasaan senang sekaligus khawatir bercampur aduk menjadi satu. Bahagia karena telah diberi anugerah terindah, khawatir karena memikirkan bagaimana menjaga buah hatinya nanti.

Image: Alodokter.com

Pada awal-awal masa kehamilan, seorang Ibu dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang kehamilannya. Ini sangat diperlukan karena pada masa awal kehamilan, perkembangan janin masih sangat rentan. Selain itu, Ia juga harus beradpatasi dengan perubahan fisik yang terjadi pada tubuhnya. Perubahan fisik dan psikologis ini dipengaruh oleh hormon. Salah satu perubahan yang paling terasa adalah morning sickness. Hal ini normal terjadi pada Ibu hamil muda. rasa mual dan ingin muntah selalu terjadi sepanjang hari yang membuatnya enggan untuk makan. Hal ini tentu saja juga menganggu asupan nutrisi pada si Ibu.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat saat awal masa kehamilan / kehamilan muda agar tetap sehat dan terjaga. Dengan ini, bunda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama awal masa kehamilan.

Berikut beberapa tips menjaga kehamilan muda bunda

1. Memperhatikan Nutrisi yang Diasup

Menjaga perkembangan kehamilan awal memang bukan hal yang mudah, terlebih saat berhubungan dengan makanan dan minuman. Morning sickness pada Ibu hamil sering menjadi penyebab utama si Ibu enggan makan, padahal janin sangat membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Asupan nutrisi yang baik dan lengkap dibutuhkan si janin agar tumbuh dengan baik dan terhindar dari keguguran. Selain itu, lebih baik hindari minuman berkafein seperti kopi, dan tidak mengkonsumsi makanan berbahan pengawet. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah segar, jika perlu pilihlah sayur dan buah-buahan organik yang lebih terjamin kualitasnya.

2. Menghindari pekerjaan berat

Saat awal hamil, perubahan fisik dan psikologis seorang Ibu muda sangat terasa. Tentu saja perubahan ini juga mempengaruhi pekerjaan sehari-hari. Karena itu disarankan, saat awal kehmailan, untuk mengurangi pekerjaan-pekerjaan yang menyita waktu istirahat. Selain membuat si Ibu agar tidak terlalu lelah, hal ini juga bisa membantunya untuk beradaptasi dengan tubuhnya. Kurangi juga pekerjaan yang meningkatkan stress. Karena kondisi stress bisa memacu hormon yang akan berkontraksi dengan rahim.

3. Mengatur emosi

Saat hamil muda, kebanyakan para Ibu muda mudah menjadi sensitif. Perubahan mood yang tiba-tiba ini disebabkan pengaruh hormon selama kehamilan. Karena itu, Ibu muda perlu mengatur emosinya. Apalagi yang memiliki riwayat hipertensi, lebih baik pandai-pandai mengatur emosi agar hipertensi tidak kambuh.

4. Rutin berkonsultasi pada dokter kandungan

Selain rajin mencari tahu tentang kehamilan melalui buku atau media lainnya, konsultasi kepada dokter kandungan juga perlu dilakukan. Meski sulit membedakan hal yang normal atau tidak normal terjadi pada tubuh saat awal kehamilan, konsultasi tetap perlu dilakukan agar kesehatan bunda dan janin tetap terjaga.

Demikian bunda tips menjaga kehamilan muda. Semoga dengan sedikit ulasan ini, bunda terutama yang sedang hamil muda bisa bertambah wawasan dan informasi. Sehingga harapannya kehamilan bunda lancar sampai waktu melahirkan nanti.

Tags: