Makanan-Makanan Penambah Bobot Bayi

Melihat buah hatinya tumbuh aktif, besar, sehat, serta cerdas tentu menjadi harapan setiap orang tua. Dari berbagai indikator bayi tumbuh dengan baik, salah satunya dilihat dari bobot tubuhnya. Bayi dengan bobot tubuh lebh berat dan posturnya yang besar sering menjadi indikator bayi sehat. Apalagi dengan tubuhnya yang bear sering membuat orang-orang gemas. Hal ini berbeda ketika melihat bayi yang kurus, orang tua tentu akan cemas dengan kondisi kesehatan tubuhnya. Karena itu tidak heran jika banyak orang tua yang berlomba-lomba berupaya untuk menaikan bobot tubuh bayinya.

Salah satu cara yang tepat untuk menaikan berat badan bayi adalah melalui makanan yang tepat untuk dikonsumsi si kecil. Makanan merupakan hal yang penting dalam menentukan berat tubuhnya. Bayi yang sejak awal sudah diberikan makanan sembarang, dikhawatirkan meberikan dampak buruk pada sistem pencernaannya. Bukannya menaikan bobot tubuhnya, namun malah membuat sistem pencernaannya terganggu. Karena itu, orang tua harus selektif memberikan makanan yang tepat pada anak. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan berat badan bayi.

ASI Berkualitas

Untuk meningkatkan berat badan bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan, cara terbaik adalah dengan memberikannya ASI yang berkuaitas. ASI yang berkualitas tergantung oleh asupan bergizi yang ibu santap sehari-hari. Karena itu, meski sudah tidak mengandung, ibu masih tetap harus memperhatikan dan melengkapi asupan nutrisi harian. Selain itu, stress juga dapat memengaruhi produksi dan kualitas ASI. Karena itu, sebisa mungkin ibu menyusui menghindari stress agar produksinya ASInya tidak terhambat.

Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum dan biji-bijian merupakan makanan sehat yang dapat diberikan kepada bayi karena mengandung sejumlah kalori yang baik untuk pertumbuhan bayi. Karena itu, tidak ada salahnya mulai memberikan kepada si kecil pancake yang terbuat dari tepung gandum yang dicampur berbagai kacang-kacangan.

Sayur dan Buah

Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan mengandung kalori dalam jumlah cukup besar yang cocok untuk membantu meningkatkan berat badan bayu dan mendapatkan nutrisi yang seimbang. Salah satunya adalah alpukat yang di dalamnya terkandung lemak tak jenuh cukup tinggi dan kalori yang tepat. Selain itu ada pula pisang dan buah pir yang memiliki nutrisi yang tak kalah penting. Sedangkan ketika memberikan sayuran pada si kecol, ibu dapat menambahkan mentega atau minyak zaitun untuk menambah kandungan lemaknya.

Tags: