Tips Seputar Mainan Bayi Usia 2 Bulan

Pada bulan-bulan pertamanya, sebelum si kecil belajar menyentuh objek-objek di sekitarnya, ibu dapat mengenalkannya terlebih dahulu dengan belajar melihat dan mendengar. Perkembangan pada bulan pertama, bayi dapat melihat benda dengan jelas hingga jarak 30 cm. selanjutnya ketajaman pandangannya akan bertambah hingga 37-38 cm pada bulan keduanya. Pada usia ini, bayi mulai tertarik dengan wajah manusia, begitu juga perkembangan otaknya dalam mengingat wajah seseorang yang sudah mulai dapat merekam hingga mengenali wajah orang lain. Benda-benda berwarna cerah memilik daya tarik tersendiri pada bayi. Bayi juga sudah dapat mengenali suara dan musik lembut dan mencari-cari sumber bunyi tersebut. benda yang bergerak secara perlahan dan mengeluarkan suara lembut lebih menarik bayi ketimbang benda-benda yang tetap dan diam. Meskipun pada usia dua bulan ini mainan-mainan tersebut masih belum memberikan manfaat yang optimal pada bayi, akan tetapi ibu tetap dapat memilih mainan bayi usia 2 bulan agar membuat si kecil lebih nyaman dan tidak rewel.

Image: Mommyasia.id

Mainan bayi usia 2 bulan berfungsi sebagai stimulan dan kecerdasan panda indranya, terutama indra penlihatan dan pendengaran, sehingga ibu dapat memilih mainan dengan warna ccerah dan suara lembut. Dengan memberikan mainan yang sesuai dengan usia bayi, maka akan membantu merangsang perkembangan selanjutnya dan menyempurnakan gerakan pada usianya. Mengingat usia bayi yang masih rentan pada perubahan lingkungan sekitarnya, keamanan dari mainan tersebut harus dicermati benar-benar. Ibu dapat memilih mainan yang tidak terlalu keras dan tidak mengganggu pendengarannya.

Berikut beberapa pilihan mainan bayi usia 2 bulan

Mainan yang digantung

Mainan bayi yang digantung biasanya memiliki warna-warna cerah yang memiliki daya tarik tersendiri untuk bayi dan dapat menstimulai penglihatannya. Berikan jarak yang tepat antara mainan dan mata bayi dan pastikan mengikatnya dengan kuat sehingga mainan tersebut tetap aman meski di atas bayi.

Kotak musik

Musik dapat menghibur dan menenangkan si kecil sekaligus menyempurnakan pendengarannya. Perdengarkan si kecil musik-musik lembut, dan pastikan jarak musik box dengan telinganya tidak terlalu dekat dan volumenya tidak terlalu keras.

Boneka berbahan lembut

Ibu dapat mengajak bayi berbiccara dengan media boneka sambil tetap menjaga kontak mata dengannya. Pada usianya saat ini, bayi udah belajar mengenali orang-orang di sekitarnya. Karena tu tetap berbicara dengannya ambil tetap menjaga kontak mata akan menstimulan kemampuannya yang lain di bulan-bulan selanjutnya.

Tags: