beberapa penjelasan mengenai penyakit osteoarthritis

Cara Hidup Sehat – Osteoarthritis adalah peradangan sendi atau tulang yang diakibatkan oleh proses pengapuran tulang. Gejala ditimbulkan biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, mudah sekali lelah,kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh. juga rasa nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, akan selalu bergantung pada obat dan orang lain, juga masalah mental seperti depresi.

risiko penyakit ini secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu

  • yang dapat di modifikasi : seperti shock berulang ulang, obesitas, kelemahan otot, diet serta aktivitas fisik
  • yang tidak dapat di modifikasi : jenis kelamin, genetik, ras, serta umur.

untuk penanganan medis pada penyakit ini dapat di lakukan dengan terapi serta menggunakan obat obatan.

Terapi tanpa obat

terapi tanpa obat dapat di lakukan dengan beberapa metode yaitu

pada metode ini yang paling penting dilakukan ialah meyakinkan pasien agar tidak selalu bergantung pada orang lain. meskipun untuk sekarang ini osteoarthritis belum dapat disembuhkan, tetapi sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup pasien

  • metode menurunkan berat badan

metode ini sangat penting, terutama pada pasien yang juga terkena obesitas, manfaatnya adalah dapat mengurangi beban yang di terima sendi yang terserang osteoarthritis serta dapat meningkatkan kelincahan pasien ketika bergerak. sebuah studi yang melibatkan 21 penderita osteoarthritis yang juga menderita obesitas, setelah melakukan diet yang juga disertai olahraga selama 6 bulan, fungsi sendi mereka menjadi lebih baik, serta rasa sakit dan frekuensi nya juga berkurang.

  • Terapi fisik dan terapi kerja

Terapi ini bertujuan agar penderita dapat melakukan aktivitas dengan lebih baik dan tidak bergantung pada orang lain. Terapi ini contohnya adalah pemanasan, pendinginan, serta pelatihan dalam menggunakan alat bantu. Dalam terapi yang seperti ini lebih di tekan kan pada latihan yang bersifat menguatkan otot, memperbesar lingkup gerak sendi, dan aerobik.

latihan ini juga di lakukan pada pasien yang sudah mengalami tindakan bedah, agar setelah menjalani tindakan bedah, pasien dapat secepatnya untuk mandiri, serta mencegah komplikasi setelah pembedahan.

Terapi Dengan Obat

Parasetamol merupakan analgesik pertama yang disarankan pada penderita penyakit osteoarthritis dengan dosis yang di anjurkan 1 gram 4 kali sehari, obat ini lebih bersifat aman serta juga aman di konsumsi bagi pasien yang sudah tua.

jika parasetamol saja tidak membantu, dapat di gunakan kombinasi dari parasetamol atau opiat, contohnya seperti coproxamol, Namun jika memungkinkan, penggunaan opiat dengan dosis yang kuat sebaiknya dihindari. sementara obat yang sering atau banyak di gunakan untuk menghilangkan nyeri pada osteoarthritis ialah obat anti inflamasi not steroid (OAINS).

Terapi Lokal

Terapi Lokal meliputi pemberian injeksi intra artikular steroid atau hialuronan (merupakan molekul glikosaminoglikan luas dan berfungsi sebagai viskosuplemen)

Terapi topikal

terapi ini menggunakan bahan seperti

  • krem OAINS
  • krem salisilat
  • krem capsaicin

Untuk beberapa kasus yang terjadi ada yang memerlukan terapi suntik. seperti injeksi steroid intra artikular diberikan bila diraih infeksi lokal atau efusi sendi.

Operasi (Bedah)

Bagi penderita dengan osteoarthritis yang sudah parah, maka operasi merupakan tindakan yang efektif dan dianjurkan. Operasi yang dapat dilakukan antara yang lain:

  • arthroscopic debridement,
  • joint debridement,
  • dekompresi tulang, kemudian
  • artroplasti.
  • osteoarthritis

Walaupun tindakan bedah dapat menghilangkan nyeri di dalam sendi yang terkena osteoarthritis, tetapi adakalanya fungsi sendi tersebut tidak dapat di perbaiki hingga normal, untuk itu sebaiknya terapi fisik sebelum dan sesudah operasi harus dilakukan.

itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit osteoarthritis, serta beberapa penanganannya, semoga bermanfaat.

salam sehat.

Tags: