Kenali Kista Yang Paling Di Takuti Wanita

Cara hidup Sehat – kista merupakan tumor jinak dan paling sering di temui, kista dapat berbentuk kistik yang berisi cairan kental, dan bisa juga berbentuk anggur, selain itu kista juga dapat berisi hanya udara, cairan ataupun nanah, dan hal ini paling sering terjadi pada alat reproduksi wanita.

sejatinya kista sudah dimiliki oleh setiap wanita, dan tergantung dari gaya hidup wanita tersebut, jika wanita tersebut mempunyai gaya hidup sehat, kista dapat menghilang dengan sendirinya, begitupun sebaliknya, pola hidup yang buruk dapat membuat kista akan semakin berkembang, dan dapat menjadi penyakit pada tubuh.

jika kista sudah membesar di dalam tubuh, biasanya akan mengakibatkan nyeri pada perut, kemudian dapat merambat turun kebawah perut, yang disebabkan oleh peregangan pada jaringan akibat dari pembesaran kista, dan jika di biarkan, dapat mengakibatkan mandul, jika kista sudah membesar, biasanya solusi yang di tawarkan adalah operasi pengangkatan kista tersebut.

ada beberapa penyebab terjadinya kista

  • Tumor
  • Genetik
  • Infeksi
  • Kesalahan dari dalam organ embrio yang berkembang
  • penyumbatan dalam tubuh.

untuk mengetahui anda memang terkena kista harus melalui USG, CT-Scan, MRI, atau X-Ray, dengan melakukan hal tersebut baru dapat di ketahui anda menderita kista, dan kista pun juga memiliki banyak macam, dan yang paling di takuti wanita adalah kista ovarium serta kista payu*ara.

Kista Ovarium

kista ovarium biasanya terjadi pada saat masa masa subur, akibat dari akumulasi cairan hormonal ovarium. sedangkan ovarium itu sendiri berperan dalam membuat sel telur juga berperan pada hormon esterogen, yang memicu terjadinya datang bulan.

kista ovarium memiliki gejala gejala sebagai berikut.

  • Nyeri pada sekitar perut
  • Susah atau terlalu sering buang air kecil
  • Nyeri pada punggung bagian bawah
  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual
  • Adanya rasa nyeri pada saat Anda mengalami menstruasi
  • Berat badan bertambah
  • Mual dan muntah
  • Tidak nafsu makan

Dan penting untuk di ketahui, kista ovarium sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, dan waktu menghilangnya juga berbeda beda tetapi anda tetap harus waspada, dan sebaiknya selalu lakukan pemeriksaan kembali setelah 1 hingga 3 bulan kemudian, dan jika kista yang ada rasakan sudah merasakan sakit atau nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter, dan dapat juga di lakukan pembedahan.

Kista Payu*ara

selain kista ovarium kista ini juga ditakuti oleh para wanita, sebab kista ini juga banyak dialami oleh para wanita, dan kista ini terjadi saat ada rongga berkantung yang terisi oleh cairan pada jaringan payu*ara, kista ini sering terjadi pada wanita yang berusia 35 keatas, tetapi belum mengalami menopause,

kista ini sebetulnya tidak berbahaya, dan banyak cara untuk mengobatinya, tergantung, jenis kista, ukuran, gejala dan usia kista tersebut, dan cara pengobatan yang paling sering di lakukan adalah dengan mengeluarkan cairan kista menggunakan jarum suntik, cairan kista tersebut berwarna cerah dan gelap, apabila sudah di keluarkan, maka pada bekas kista tersebut akan terdapat memar serta akan terasa lunak.

itu lah 2 jenis kista yang sering di takuti wanita, sebenarnya banyak jenis kista yang lainnya, dan tempat tumbuhnya juga beragam, oleh karena setiap wanita berpotensi atau sudah memiliki kista, sebaiknya lakukan lah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat serta rutin berolah raga, jauhi rokok dan alkohol, agar kista tidak membesar dan menjadi penyakit.

salam sehat.