TIPS CARA MEMENCET JERAWAT DENGAN BENAR

Jerawat secara singkatnya merupakan pori-pori yang tersumbat, dan menimbulkan nanah yang meradang, yang disebabkan oleh kelenjer minyak yang juga dirangsang oleh perubahan hormon, penderitanya banyak sekali, bahkan seorang peneliti mengatakan, tidak ada satu orang pun yang melewati hidupnya tanpa jerawat.

jerawat memang sangatlah mengganggu, baik pria ataupun wanita, jerawat akan menghilangkan rasa pede penderitanya, walaupun cuma ada satu jerawat, apalagi jika banyak, sebagian orang mengatakan bahwa jerawat tidak boleh di pencet atau di keluarkan, ada benarnya jika dilakukan dengan cara yang salah, dan disini kita akan memberi tahu tips cara memencet jerawat dengan benar.

sebelum itu ada baiknya jika kita ketahui penyebab lain dari jerawat, selain masalah kulit kotor, ada indikasi lain yang menyebabkan jerawat.

produksi minyak berlebih biasanya di sebabkan oleh hormon, hormon akan memicu kelenjer minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih, sehingga mengakibatkan kondisi yang abnormal pada kulit, dan menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori.

salah satu yang berperan pada jerawat yaitu sel kulit mati, ketika produksi minyak berlebih, dan tercampur dengan sel kulit yang mati maka akan membentuk campuran yang lengket, sehingga dapat membentuk penyumbat, yang biasanya berbentuk bintik hitam atau putih.

bakteri yang biasa ada pada kulit dan berkembang biak di dalam kelenjer sebaceous, dan apabila tersumbat maka akan menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya dan kelenjer akan membengkak dan akhirnya pecah, sehingga dapat menimbulkan bekas pada kulit, atau bisa juga di sebut jerawat batu, ini adalah jerawat yang paling menjengkelkan, terutama bekas yang sangat sulit untuk di hilangkan.

kosmetik juga dapat menyebabkan jerawat, terutama kosmetik yang mengandung minyak, atau penggunaan bedak yang bersatu dengan foundation, sehingga dapat menyumbat pori pori anda, rajinlah untuk membersihkan kosmetik anda pada wajah.

ada beberapa obat obatan yang dapat memicu jerawat, baik yang di minum ataupun yang di oles, terutama obat obatan yang menyenangkan penurunan daya tahan tubuh, sehingga aktifitas bakteri patogen menjadi meningkat.

permukaan telepon genggam bisa jadi merupakan sarang bakteri, untuk itu sering seringlah membersihkan telepon genggam anda dengan alkohol, dan sebaiknya ketika menelepon, gunakan head set, jangan langsung menempelkan ke pipi.

stres hanya memberikan dampak secara tidak langsung, yaitu ketika anda stres, maka akan memicu hormon tertentu yang menjadi penyebab jerawat, juga ketika anda stres mungkin anda akan lebih banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai pelampiasan stres.

itulah yang dapat menyebabkan jerawat, selagi bisa menghindarinya, lebih baik untuk di hindari, nah ketika jerawat datang, pastinya ada keinginan untuk memencetnya, untuk itu ada beberapa tips cara memencet jerawat yang benar.

info dari peneliti skincare di newyork

  • TAHU KAPAN JERAWAT SIAP DI PENCET

jika anda memencet sebelum matang mungkin nantinya akan meninggalkan bekas pada kulit anda, nah untuk mengetahui kapan jerawat siap di pencet atau matang, anda bisa melihat ada ujung berwarna putih keluar, jika jerawat masih merah dan minyak atau kotoran masih bersembunyi disana, sebaiknya anda biarkan hingga matang.

jika jerawat sudah matang, sebaiknya persiapkan kulit dengan uap panas, untuk wajah anda bisa memaparkan wajah anda dengan uap panas, untuk tubuh, anda dapat dengan mandi air panas, fungsi nya dapat merilekskan pori-pori anda dan juga dapat menghaluskan kulit.

sebelum memencet jerawat, pastikan agar kulit anda bersih terlebih dahulu, dan ketika memencet, tutupi jari telunjuk anda dengan tisu, agar area jerawat tetap bersih, dan tidak menimbulkan masalah nantinya.

jangan gunakan jarum atau peniti, atau benda tajam lainnya untuk menusuk jerawat, karena dapat menimbulkan lubang pada kulit dan bakteri akan mudah masuk.

pastikan untuk mengeluarkan semua isi jerawat, jangan sisakan kotoran ataupun minyak, agar jerawat benar benar bersih, dan pori pori tetap lancar.

setelah yakin keluar semua sisa jerawat, bersihkan area dengan kapas yang di celupkan dengan toner atau hidrogen peroksida, jangan memakai alkohol, karena dapat membuat kulit kering dan terasa seperti terbakar, bersihkan area dengan baik, agar benjolan hilang.

itulah beberapa tips cara memencet jerawat dengan benar.

salam sehat.